oleh

ANGGOTA DPRD SUMBAR TAUFIK HIDAYAT:

Pemko Padang Agar Tuntaskan Segera Konsolidasi Tanah Jalan Bypass

PADANG (Metrans)
Anggota DPRD Sumbar asal daerah pemilihan (Dapil) Padang, Taufik Hidayat mendesak Pemko Padang agar persoalan konsolidasi jalan by pass Padang segera dituntaskan supaya masyarakat tidak dirugikan.

"Jangan sampai masyarakat yang dirugikan. Masyarakat telah menyerahkan tanahnya untuk pembangunan  jalan ini, " ujar anggota DPRD Sumbar dari Partai Hanura itu, Rabu (2/5) di Padang.

Taufik menyebutkan masih ada sejumlah titik (persil) yang belum tuntas.  Sehingga penyelesaian pembangunan  jalan tersebut tak bisa tuntas. Prinsip konsolidasi itu adalah mengatur kembali posisi tanah setelah masyarakat menyerahkan 30 persen tanah mereka untuk pembangunan jalan ini.  Dari pengaturan itu kembali,  terjadi perubahan posisi tanah. 


Namun pada kenyataannya,  ada tanah yang tak bisa dikuasai oleh pemilik tanah yang telah menyerahkan tanah mereka.  Makanya masyarakat itu tak mau tanah mereka yang awalnya di konsolidasi itu tak diizinkan untuk pembangunan jalan.  Jika mereka mengizinkan,  akibatnya mereka tak memiliki tanah lagi.  Padahal perjanjiannya hanya 30 persen lahan mereka yang diserahkan. 

"Saya pernah menyampaikan  hal ini dalam paripurna supaya Pemprov segera memfasilitasi penyelesaian masalah.  Pembangunan ini penting untuk ekonomi dan masyarakat jangan sampai dirugikan,"  kata sekretaris Komisi IV Bidang Pembangunan DPRD Sumbar itu.

Dia melihat sebelumnya telah ada titik terang masalah ini, yakni dianggarkan dana ganti rugi.  Namun saat itu terkendala payung hukum.  Seharusnya Pemko terus berusaha untuk mencarikan solusi ini.  

"Bisa juga kembali lakukan konsultasi dengan pihak terkait.  Kalau tak dilakukan,  tentu persoalan ini tak akan selesai. Pada akhirnya masyarakat yang telah membantu malah dirugikan, " katanya. 

Sementara itu,  Wagub Sumbar Nasrul Abit mengatakan Pemprov Sumbar siap untuk turun tangan menyelesaikan persoalan ini jika tak tuntas oleh Pemko Padang.  Dia sepakat kalau pembangunan jalan ini penting untuk ekonomi Sumbar.  Namun dia juga tak setuju jika masyarakat yang telah menyerahkan tanah mereka dirugikan.

"Kita siap memfasilitasi. Tujuannya agar persoalan ini tuntas dan pembangunan tidak terbengkalai. Saat ini saya dengan masih dalam tahap penyelesaian persoalan. Mudah-mudahan dalam waktu dekat bisa selesai," katanya.

Informasi yang didapatkannya,  kalau Pemko Padang telah berusaha untuk menyelesaikan persoalan ini.  Tapi dia melihat pada kenyataannya masih saja belum selesai.  Ini terlihat adanya masyarakat yang masih memperjuangkan nasib mereka. (pep)


Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru