BUPATI SOLOK GUSMAL:

Perencana Pembangunan Merupakan "Kunci" Suksesnya Pembangunan

Terlihat dari foto kanan Dusral berdialog dengan Bupati Solok Gusmal terkait perencanaan percepatan pembangunan Daerak Kabupaten Solok.

PADANG (Metrans)

Bupati Solok Gusmal mengatakan, daerah yang dipimpinnya perlu melakukan langkah cepat untuk membangun daerah. Oleh sebab itu, Gusmal melakukan pertemuan dengan seluruh kepala OPD dan Camat di lingkup pemerintah Kabupaten Solok serta peserta Bimtek di Hotel Imelda Ulu Gadut Padang, 14 s/d 16 februari 2017.

Dikatakannya, setiap instansi pemerintah wajib melakukan perencanaan yang meliputi tahapan penyusunan, pengendalian dan evaluasi.


Secara hirarki, Rencana Pembangunan Jangka Panjang Daerah (RPJPD) dan RPJMD, Renstra OPD, Renja OPD, merupakan satu kesatuan yang tidak dapat dipisahkan dan saling terintegrasi dalam kerangka pencapaian tujuan pembangunan di daerah.

Gusmal menekankan, agar peran Kasubag Perencanaan Organisasi Perangkat Daerah dan Kasubag tata usaha kecamatan yang hadir disini sangatlah penting, untuk itu kami memberikan apresiasi atas kehadiran dan keseriusan semua peserta.

Selain itu, penyusunan dokumen perencanaan haruslah dilaksanakan secara hati-hati, tepat sasaran, terstruktur dan dapat dipertanggung jawabkan serta mengacu kepada Empat Pilar Pembangunan.

Sementara itu, ketua panitia Reflidon, melaporkan, tujuan kegiatan tersebut untuk menambah wawasan aparatur perencana di lingkup pemerintah daerah kab solok serta tentang isu-isu strategis dan konsep perecanaan pembangunan.

Peserta pelatihan ditunjuk kasubag perencanaan moven dan pelaporan di badan dinas, serta OPD kecamatan di lingkup kab solok sebanyak 39 orang.

"Sebagai narasumber kegiatan tersebut, yaitu Kepala barenlitbang Kabupaten Solok Dusral, Sekretaris Barenlitbang dan Kabid di lingkup barenlitbang," tutupnya. (ync)











Jangan Lewatkan