oleh

WARGA PADANG HEBOH

Pesawat Misterius Tertangkap Kamera Satelit Google di Perairan Pantai Air Manis Padang

PADANG (Metrans)

Pengguna sosial media khususnya masyarakat Kota Padang, Sumatera Barat baru-baru ini dikejutkan dengan penampakan sebuah badan pesawat di aplikasi Google Maps yang terlihat di sekitar perairan Pantai Air Manis mendekati Pulau Pisang. Bahkan, gambar penampakan badan pesawat itu sempat membuat heboh pengguna Whatsapp.

Metrans mencoba menelusuri titik koordinat badan pesawat pada gambar yang tersebar luas di sosial media itu menggunakan aplikasi Google Maps tepatnya di -0.998934,100.324914 atau 0°59'56.2 Lintang Selatan dan 100°19'29.7 Bujur Timur.


Setelah diperbesar hingga maksimal, memang benar terlihat sangat jelas badan pesawat berwarna putih yang tertangkap kamera satelit Google.

Badan Pesawat berwarna putih itu tampak mengarah ke Pulau Sumatera. Namun, setelah diperbesar hingga maksimal, tak terlihat nama maskapai dari pesawat itu.

Dalam aplikasi tersebut, juga terdapat watermark "© 2018 Google" dan bisa dikatakan gambar tersebut diambil oleh satelit Google pada tahun ini.

Humas AirNav Indonesia, Yohanes Sirait selaku penyelenggara pelayanan navigasi penerbangan mengatakan, sejauh ini belum ada kejadian pesawat jatuh di koordinat tersebut.

"Dari segi pelayanan, lancar semua. Tidak ada kejadian (pesawat jatuh, -red) di perairan tersebut," katanya, Rabu (18/7).

Lebih lanjut dikatakan, titik tersebut merupakan jalur atau rute perlintasan pesawat. Dugaan kuat, gambar itu merupakan pesawat melintas yang tertangkap kamera satelit Google.

"Kelihatannya mungkin pas ada pesawat yang lewat," tambahnya.

Sementara itu, salah seorang anggota grup Whatsapp Siaga Bencana mengatakan, menurutnya sebelum pesawat landing di Bandar Udara Internasional Minangkabau (BIM), setiap pesawat akan memutar (over bayur) sambil menurun (kurangi ketinggian) sampai landing di BIM.

Kontributor resmi flightradar 24 f-WIMG1 Padang, Ade Rahadian dalam grup yang sama mengatakan, setiap gambar satelit yang terlihat di peta, sebenarnya adalah kompilasi dari beberapa gambar. Objek yang bergerak cepat, seperti pesawat sering muncul hanya salah satu dari banyak gambar yang digunakan untuk derah tertentu.

"Bila ini terjadi, sisa-sisa samar dari objek yang bergerak cepat itu kadang-kadang dapat terlihat. Kasus gambar pesawat di Pantai Air Manis sangat mungkin terjadi, karena wilayah ini merupakan kawasan jalur penerbangan (pendaratan pesawat) di BIM," tulisnya. (Raihan)


Tag:

Editor :  Raihan Al Karim

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru