oleh

SOAL LIMBAH ALAT MEDIS

Pessel Masih Menunggu Hasil Penelitian BLH Sumbar

PAINAN (Metrans)
Badan Lingkungan Hidup (BLH) Pesisir Selatan masih menunggu hasil penelitian dari Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, terkait adanya limbah alat medis yang bertebaran di pantai Tan Sridano, Kenagarian Taluk, Kecamatan Batang Kapas, Kabupaten Pesisir Selatan, beberapa waktu lalu.
Kepala Badan Lingkungan Hidup Kabupaten Pesisir Selatan, Nelly Armidha di Painan Rabu (04/01) mengatakan, hasil temuan instansi yang dipimpinnya di lapangan membenarkan adanya limbah alat medis yang berserakan di pantai tersebut.
"Terkait dengan hal itu, kami telah memberikan laporan kepada Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat," ucap Nelly Armidha kepada wartawan.
Dikatakan, pihaknya telah memberikan laporan itu secara tertulis kepada Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat, dan saat ini sedang menunggu hasil laporan dimaksud.
Menurutnya, limbah alat medis yang bertebaran di pantai tersebut, sangat berbahaya sekali pada lingkungan masyarakat sekitarnya.

"Untuk itu, kita akan meminta kasus ini diusut secara tuntas dan bekerjasama dengan pihak lain," sebutnya
Dan ia meyakini, pembuangan ini adalah unsur kesengajaan dan memang sudah direncanakan, sebab dilihat dari segi kapasitasnya sangatlah banyak. Untuk itu, BLH Pesisir Selatan tidak akan main-main menyikapi persoalan ini, karena ini menyangkut keselamatan orang banyak.
"Kami tidak akan memberikan toleransi terhadap oknum yang terlibat didalam pembuangan limbah alat medis tersebut, dan harus dituntut sesuai dengan aturan yang berlaku," tegasnya.
Terpisah, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Pesisir Selatan, Syahrial Antony saat dihubungi via telpon mengatakan, pihaknya juga sedang menunggu hasil verifikasi dari Badan Lingkungan Hidup Provinsi Sumatera Barat. (ndi)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru