oleh



PJSI Sumbar akan Gelar Kejurda di Bukittinggi

PADANG (Metrans)

Pengurus Provinsi Persatuan Judo Seluruh Indonesia (PJSI) Sumatera Barat (Sumbar) akan menggelar Kejuaraan Daerah (Kejurda) pada 5,6,7 Mei 2017 yang diselenggarakan di Bukittinggi, Padang, (20/4).

"Untuk Kejurda 2017 penyelenggaraannya pada 5,6,7 Mei 2017, sementara kejuaraan ini merupakan persiapan untuk ajang Kartika Cup dan Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) 2017 di Semarang untuk kelahiran 1999," kata Seketaris Umum PJSI Sumbar Aprinal Lubis di Padang, Kamis (20/4).


Ia menjelaskan, ajang Kejurda bertujuan untuk mencari bibit atlet pelapis yang akan dipersiapkan untuk diturunkan pada Pekan Olahraga Nasional (PON) 2020.

"Ajang Ini juga untuk seleksi pada Kejuaraan Nasional (Kejurnas) dan Kartika Cup pada 19,20,21 Mei nanti, sekaligus seleksi Pekan Olahraga Pelajar Nasional (Popnas) di semarang ini untuk kelahiran 1999," ujarnya.

Selain itu, bagi judoka (atlet judo) harap menyiapkan dirinya untuk pertandingan ini, sebab kejuaran ini melibatkan senior dan junior pada usia senior 21-26 dan junior 17-20 tahun.

"Atlet yang tersaring dari Kejurda tersebut akan kami masukan dalam program jangka panjang untuk menyongsong PON 2020," katanya.

Ia mengatakan, untuk Kejurda itu sendiri akan mempertandingkan putra dan putri serta diikuti 12 Pengurus Cabang (Pengcab) PJSI di Sumbar.

Menyinggung tentang Kartika Cup, Aprinal Lubis yang juga menjabat sebagai Dikretorat Kriminal Umum (Dirkrimum) Polda Sumbar mengatakan, ini saatnya semua judoka harus diseleksi sebab dengan ajang Kejurda lebih kurang sebanyak 200 judoka akan bersaing pada ajang tersebut nantinya.

Lebih lanjut ia mengatakan, PJSI Sumbar akan memilih atlet yang berpotensi untuk memajukan Sumbar demi kemajuan yang kita harapkan.

Terkait dengan persiapan selaku tuan rumah untuk Bukittingga, AKP Aprinal Lubis mengungkapkan semua persiapan sarana perlengkapan pertandingan sudah dimatangkan.

Ditunjuknya Bukittinggi sebagai tuan rumah pelaksana Kejurda berharap bisa membangkitkan semangat judoka di wilayah-wilayah yang ada di Sumbar untuk lebih giat lagi berlatih, karena ajang atau pertandingan semakin banyak kedepannya.

Ia mengharapkan dengan adanya banyak event sekaligus dapat memberikan dampak positif terhadap perkembangan olahraga judo di Ranah Minang.

"Mudah-mudahan lewat ajang tersebut akan muncul judoka masa depan yang bisa mewakili Sumbar pada event nasional serta adanya regenerasi atlet," katanya.


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru