15 Agu 2017 | 20:42:38 WIB
Pewarta : Wahyu Amuk


TEKANKAN PENYALAHGUNAAN NARKOBA
PKKMB UNP 2017 Libatkan Danrem 032/Wirabraja dan Kapolda Sumbar

PKKMB UNP 2017 Libatkan Danrem 032/Wirabraja dan Kapolda Sumbar

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D., beserta jajarannya foto bersama Kapolda Sumbar, Irjen. Pol. Drs. Fakhrizal, M.Hum., usai pembukaan PKKMB secara resmi, Selasa (15/8)


PADANG (Metrans)

Hampir 10 ribu mahasiswa baru Universitas Negeri Padang (UNP) mengikuti kegiatan Pengenalan Kehidupan Kampus Mahasiswa Baru (PKKMB) tahun 2017. Kegiatan PKKMB kali ini lebih menekankan pencegahan penyalahgunaan narkotika dan obat terlarang (narkoba) dan paham radikalisme bagi mahasiswa baru.

Rektor UNP, Prof. Ganefri, Ph.D., menyampaikan bahwa mahasiswa yang mengikuti PKKMB ini diikuti mahasiswa baru, dari delapan fakultas baik jalur SNMPTN, SBMPTN, dan jalur Mandiri. Fokus PKKMB ini menurutnya selain untuk memberi kajian tentang kampus, juga tentang isu radikalisme, bahaya narkoba, serta menanamkan sikap bela negara.


“Kegiatan yang berlangsung 15-18 Agustus ini menanamkan sikap cinta tanah air, juga cinta almamater. Praktik cinta tanah air atau bela negara ini mungkin ketika kegiatan Krida nanti, sekarang teori saja dulu,” kata Rektor UNP ini di Auditorium UNP, Selasa (15/8).

Selain itu, Ganefri menegaskan bahwa PKKMB ini tidak akan ada tindak kekerasan, atau perpoloncoan terhadap mahasiswa baru. Pihak UNP pun turut mengundang pihak Kapolda Sumbar, dan Dandrem 032/Wirabraja dalam memberi pemahaman, sekaligus pengamanan proses PKKMB ini.

“Kegiatan ini kita bagi menjadi tiga tempat, bagian A di Auditorium UNP, bagian B di GOR UNP, dan bagian C di Aula Fakultas Ekonomi UNP. Kita berharap mahasiswa baru ini bisa menyelesaikan kuliah 4 tahun,” paparnya.

Sementara Kapolda Sumatera Barat, Irjen. Pol. Drs. Fakhrizal, M.Hum., menegaskan agar mahasiswa baru jangan terlibat narkoba dalam bentuk apapun. Baik pengguna atau pengedar akan diberi sanksi tegas, diantaranya dikeluarkan dari kampus, serta terjerat hukum.

“Mahasiswa jangan pernah coba-coba mendekati narkoba, karena akan berdampak buruk untuk masa depan,” tegas Kapolda Sumatera Barat, Irjen. Pol. Drs. Fakhrizal, M.Hum., di Auditorium UNP sebelum membuka acara secara resmi, Selasa (15/8).

Selain itu, Fakhrizal juga mengingatkan agar mahasiswa baru hati-hati dengan paham yang berbau radikalisme, dan terorisme. Menurutnya mahasiswa baru ladang empuk untuk disusupi berbagai paham yang bertentangan dengan Pancasila, dan merusak masa depan bangsa.

“Lebih baik kalian fokus kuliah, dan diisi dengan kegiatan-kegiatan positif yang ada di kampus. Masalah mahasiswa berprestasi tetapi kurang dari segi ekonomi, kita akan cari solusi yang terbaik,” paparnya. (why)

Editor :  Raihan Al Karim

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2017





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook