PKS Inginkan Anies Jadi Capres Bukan Cawapres

APIRASI- Partai Keadilan Sejahtera (PKS) mengakui usulan agar Anies Baswedan diusung menjadi calon presiden memang aspirasi dari kadernya di akar rumput partai tersebut.

JAKARTA (Metrans)

Presiden PKS, Sohibul Iman mengakui usulan agar Anies Baswedan diusung menjadi calon presiden memang aspirasi dari kadernya di akar rumput.

Aspirasi ini disampaikan kepada Direktur Pencapresan Tim Pemenangan Pemilu PKS, Suhud Alynudin.


"Beliau sebagai direktur pencapresan tentu wajib dong menyampaikan, ada aspirasi seperti ini," kata Sohibul di DPP PKS, Jakarta, Senin (2/7).

Ia mengatakan, persoalannya Anies sudah menjadi Gubernur DKI Jakarta dengan ikhtiar yang luar biasa. Sehingga kalau hanya tingkat calon wakil presiden tak setara dengan upaya dengan memajukan Anies sebagai gubernur.

"Dasarnya adalah bahwa Pak Anies ini kan kita dorong untuk jadi Gubernur DKI itu kan dengan ikhtiar yang sangat luar biasa. Kalau kemudian Pak Anies ini dimajukan ke tingkat nasional setingkat cawapres, saya kira ini tidak equal. Lebih baik ke capres saja begitu logikanya," ujarnya menambahkan.

Ia menuturkan, aspirasi ini nanti akan diproses di Majelis Syuro PKS. Hingga kini belum ada pertemuan majelis syuro.

Sebelumnya, muncul isu PKS akan menduetkan Anies Baswedan dengan kadernya yaitu eks Gubernur Jawa Barat dua periode Ahmad Heryawan atau Aher. Wakil Ketua Majelis Syuro sebelumnya menyebut munculnya nama Anies karena berasal dari aspirasi kader.

Sementara itu, Anies Baswedan belum bisa menanggapi serius soal dirinya yang diwacanakan menjadi calon presiden dari Partai Keadilan Sejahtera (PKS). Anies didorong duet dengan kader PKS, Ahmad Heryawan

Anies tak bersedia berkomentar banyak soal adanya aspirasi dari kader PKS menjadi capres. Sebab, ia tak ingin pernyataannya justru menjadi polemik.

"Ya nanti deh. Ini nanti jadi ramai-ramai saja nanti, nanti aja komentarnya," kata Anies di kawasan Menteng, Jakarta Pusat, Selasa (26/6).

Menurut dia, PKS sendiri sudah memiliki sembilan kader yang direkomendasikan sebagai bakal calon presiden atau calon wakil presiden berdasarkan keputusan Majelis Syuro.

Anies ingin sembilan kader PKS yang dimunculkan oleh internal PKS tersebut bertarung tanpa melibatkan namanya (*/nok).


Jangan Lewatkan