oleh



PMI Sumbar Siap Bantu Masyarakat yang Membutuhkan

PADANG (Metrans)

Palang Merah Indonesia (PMI) Sumatera Barat (Sumbar) siap memberikan bantuan moril maupun tenaga bagi masyarakat yang terkena musibah hingga berujung bencana yang membahayakan keselamatan masyarakat di kawasan tersebut.

"PMI Sumbar ini untuk membantu masyarakat bukan sekedar nampang nama saja, maka dengan itu setiap kali terjadi musibah di Sumbar, PMI selalu berada di tengah masyarakat yang lagi kesusahan," kata Humas Palang Merah Indonesia (PMI) Habib di Padang, Jumat (3/2).


Ia mengatakan, PMI sebagai sebuah organisasi kemanusiaan yang mandiri bertugas membantu pemerintah dalam tugas-tugas kemanusiaan, PMI memberikan layanan pada masyarakat dalam penanggulangan bencana.

Dia menegaskan, pembinaan generasi muda (PMR) pelayanan kesehatan dan sosial dan salah satu tugas pokoknya donor darah semua berdasarkan prinsip-prinsip dasar gerakan Palang Merah dan Bulan Sabit Merah Internasional. Prinsip - prinsip tersebut antaranya kemanusiaan, kesamaan, kenetralan, kemandirian, kesukarelaan, kesatuan dan kesemestaan.

"Pada dasarnya kami siap membatu masyarakat yang membutuhkan, asalkan terlebih dahulu ada laporan terkait musibah yang menimpa," ujarnya.

Sejumlah relawan juga sudah siap sedia untuk membatu masyarakat yang terkena musibah, asalkan ada tembusan laporan ke PMI berupa lokasi dan kebutuhan yang diperlukan. 

"Kami selalu turun langsung ke lapangan kalau ada laporan dari masyarakat atau sekelompok orang yang membutuhkan bantuan dari relawan PMI Sumbar," tambahnya.

PMI mempunyai empat Unit Tranbusit Darah (UTD) di Sumbar yaitu UTD PMI Kota Padang, UTD PMI Kota Bukittinggi, UTD PMI Kota Solok, UTD PMI Kabupaten Pasaman Barat.

Terkait sosialisasi ke masyarakat sering dilakukan untuk mendonorkan darah bila ada donor darah, namun kesadaran masyarakat masih akan pentingnya donor darah masih kurang.

Di setiap kegiatan Palang Merah Remaja (PMR) disekolah - sekolah sudah disosialisasikan terkadang mengajak masyarakat untuk mendonorkan darah itu susah, masyarakat dan anak sekolah untuk mendonorkan darah haruslah memenuhi persyaratan terlebih dahulu sebelum mendonorkan darahnya agar tidak terjadi yang di tidak dinginkan.

PMI berguna untuk masyarakat dimasa perang Memberikan pertolongan terhadap korban akibat peperangan, bantuan barang untuk korban dan dimasa damai menyelenggarakan dapur umum, memberikan barang–barang untuk korban bencana alam, mendidik, melatih tenaga terampil melalui PMR, dan pembinaan politik PMR dan melalui pendidikan kepemimpinan atau diklat, usaha transfusi darah dan juga turut membangun kesehatan dalam masyarakat di desa.

PMI tidak memihak kepada golongan politik, ras, suku ataupun agama tertentu dalam pelaksanaannya juga tidak melakukan pembedaan tetapi mengutamakan korban yang paling membutuhkan pertolongan segera untuk keselamatan jiwanya. (Bay)
 


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru