oleh



PNP akan 'Baralek Gadang', Ratusan Acara Dihelat

PADANG (Metrans)

Pekan Kreatifitas Mahasiswa (PKM) kembali digelar di Politeknik Negeri Padang. Kegiatan yang rutin dilaksanakan setiap semester di lingkungan kampus tersebut, akan dimulai tanggal 29 April dan berakhir pada hari Jumat 3 Mei 2019 dengan mengusung tema "Kartun Inspiratif" dan akan diramaikan dengan ratusan acara yang digelar oleh organisasi-organisasi kampus.

Kegiatan ini diikuti oleh mahasiswa Politeknik Negeri Padang yang terbagi menjadi 25 jenis Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) dari Badan Eksekutif Mahasiswa (BEM), 7 Himpunan Mahasiswa Jurusan (HMJ), UKM Cybertech, Wamakom, Pormhanika, Forkomatrik, Majelis Permusyawaratan Mahasiswa, Unit Kegiatan Olahraga, UKM Bahasa, UKM Pers, Jawara, Pramuka, Satgas, Robotik, Mapala, Forsipol, UKM Wirausaha yang dapat diikuti oleh mahasiswa Politeknik Negeri Padang.


Acara ini terbuka untuk umum pada semua kalangan usia. Setiap UKM memiliki stand yang menampilkan hasil karyanya ataupun lomba-lomba yang mereka adakan dalam kegiatan kali ini. Bahkan, dari beberapa UKM ada yang menyediakan kuliner yang dapat dicicipi oleh pengunjung yang datang. Hingga mencoba berbagai permainan hingga olahraga yang ada disana, seperti panjat tebing, memanah, menembak menggunakan senapan angin, flying fox, dan lainnya.

Kepala Bagian Akademik dan Kemahasiswaan PNP, Maidar S.Tp, MM mengatakan, ini sebagai bentuk komitmen dalam meningkatkan "Soft Skill" mahasiswa, agar ketika tamat mereka tidak hanya mempunyai kemampuan akademik saja.

"Mereka dapat meningkatkan softskill mereka, bagaimana membuat acara yang bagus dan menarik, hingga meningkatkan silaturahmi sesama mahasiswa maupun dengan masyarakat diluar kampus yang datang ke acara ini. Mahasiswa bisa belajar mengembangkan kreatifitas, kepemimpinan, kerja sama, dan kemampuan lainnya yang tidak didapatkan di dalam kelas ketika belajar.," kata dia kepada media ini, Senin (22/4).

Ketua Pelaksana PKM Unit Kegiatan Mahasiswa Seni, Daniel Maiwal Putra mengatakan, pihaknya akan menggelar beberapa perlombaan di antaranya, pada hari Selasa (30/4), akan dihelat Lomba Battle X-Pencil. Battle X-Pencil merupakan perlombaan menggambar suatu objek atau abstrak dengan cara teknik tertentu dengan hasil karya yang realistis melalui media pensil dan kertas gambar. Kemudian, Lomba Solo Song, Lomba Fashion Show dan Lomba Desain Pamflet untuk setiap organisasi mahasiswa (ormawa) di PNP.

Tak hanya itu, pada Rabu (2/5), pihaknya akan menggelar Lomba Baca Puisi se-Sumatera Barat untuk siswa umum yang bertujuan meningkatkan daya cipta dan kreativitas mahasiswa dalam berpuisi. Kemudian, pada Kamis (3/5), UKS juga akan menggelar Politeknik Musik Festival, yang merupakan perlombaan band untuk umum sehingga masyarakat umum dapat ikut meramaikan acara PKM semester genap ini.

Sementara, Ketua Pelaksana PKM Himpunan Mahasiswa Jurusan Teknologi Informasi (HMJ Tekinfo), Rifky Aldiansyah Pratama mengatakan, pihaknya juga akan menggelar beberapa perlombaan di antaranya, Lomba Desain Poster Tingkat Nasional/Online dengan mengangkat tema "Bijak Menggunakan Gadget dan Internet". Kemudian Lomba Perancangan Maskot Teknologi Informasi (3D/2D), Workshop COMIC dengan tujuan meningkatkan kreativitas dan bakat dalam pembuatan comic.

Kemudian, Kompetisi TI Antar Kelas se-Jurusan Teknologi Informasi dengan tujuan menguji kemampuan dan wawasan mahasiswa, IT Clinic sebagai bentuk jasa dari mahasiswa Teknologi Informasi untuk mahasiswa PNP yang kesulitan dalam penggunaan Teknologi Informasi, perbaikan perangkat IT khususnya computer dan laptop serta konsultasi perkembangan Teknologi Informasi pada saat sekarang ini, serta Usaha Micro dan Mini Games yang akan diperlombakan seperti "Masuk Pak Oji, Nintendo Wii dan Lucky Spin".

Tak hanya itu, di beberapa organisasi lainnya seperti di HMJ Administrasi Niaga, juga menghelat beberapa workshop dan perlombaan seperti Lomba Typing Speed, Photo Contest, dan English Presentation.

Ada ratusan perlombaan dengan ratusan hadiah menanti. Bahkan, juga tak sedikit perlombaan yang menggratiskan biaya pendaftaran. Berminat untuk mengikuti? Tunggu apa lagi? Yuk kepoin dan gali informasi lomba-lomba itu di akun officialnya Unit Kegiatan Seni PNP: @ukspnp, HMJ Teknologi Informasi: @hmjtekinfopnp dan HMJ Administrasi Niaga: @himaadmniaga.pnp.

[Raihan Al Karim]


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru