Polresta Padang Gelar Razia Malam Minggu, 25 Sepeda Motor Dikandangkan

Petugas saat menjaring beberapa pengendara di kawasan Simpang Alai. (Foto: Raihan Al Karim)

PADANG (Metrans)

Jajaran Polresta Padang menggelar razia dan patroli di daerah setempat, Minggu (23/2). Alhasil, 25 unit sepeda motor dikandangkan lantaran sebagiannya tidak dilengkapi dengan surat-surat dan kendaraan tersebut tidak sesuai ketentuan.

Kapolresta Padang, Kombes Pol Yulmar Try Himawan mengatakan, pihaknya melakukan razia dan patroli mengelilingi beberapa kawasan di Kota Padang. Pihaknya menjaring kendaraan tersebut karena ada pengendara yang tak memakai helm, knalpot racing (bolong) dan tidak dilengkapi dengan surat-surat berkendara.


"Berbagai macam kita tindak. Seperti tidak menggunakan helm, kendaraan yang tak sesuai seperti knalpotnya membuat bising, kemudian yang tidak punya surat-surat kendaraan bermotor. Jika pengendara tak dapat menunjukkan surat-suratnya, tentu akan dilakukan penyelidikan lebih lanjut. Sebaliknya, jika ada surat-surat, akan kita tilang," ungkapnya Minggu (23/2).

Ia menyebut, pihaknya sudah mengintensifkan pelaksanaan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan (KKYD) ini setiap malam minggu. Adapun sasarannya yakni para pelaku tawuran, balap liar dan pelaku kejahatan lainnya.

"Setiap malam minggu kita melaksanakan kegiatan kepolisian yang ditingkatkan. Sasarannya yang pertama adalah para pelaku tawuran, balap liar dan pelaku tindak pidana kejahatan lainnya," sambung Yulmar.

Lebih lanjut kata dia, pihaknya mengintensifkan kegiatan ini guna membuat Kota Padang lebih aman.

"Kita fokus terus untuk membuat Padang menjadi lebih aman. Kemudian yakinkan seluruh anggota turun untuk membantu masyarakat," sebutnya.

Sementara, terkait maraknya aksi balap liar dan tawuran yang kerap dilakukan para remaja di malam minggu, pihaknya mengatakan bahwa aksi-aksi tersebut tidak mempunyai titik rawan tertentu.

"Tidak mempunyai titik (rawan) tertentu. Tapi kita lihat perkembangan situasi berdasarkan hasil penelitian dan penyelidikan Tim Intel kita dimana yang paling rawan, baru kita bergerak dan bertindak," pungkasnya.

Dari pantauan Metrans saat mengikuti razia dan patroli tersebut, petugas menyisir beberapa daerah di antaranya kawasan Bypass, Jalan Raya Ampang, Simpang Alai, Jalan Rasuna Said, dan beberapa daerah lainnya.

Di salah satu sepeda motor yang terjaring, petugas juga mendapati satu unit roda gigi (gear) di dalam jok sepeda motor Honda Revo yang dikendarai oleh remaja berinisial MI (17). Namun ia berdalih bahwa gear tersebut milik temannya.

Sembari berpatroli, jajaran Polresta Padang juga mengimbau masyarakat agar sama-sama menjaga keamanan dan ketertiban lingkungan sekitar. Para remaja, terutama wanita yang masih berkeliaran hingga lewat pukul 00.00 WIB pun diimbau untuk pulang agar tidak menjadi korban kejahatan di malam hari.


Jangan Lewatkan