oleh

SUDAH JADI DESTINASI WISATA

Pulau-Pulau di Perairan Kota Padang Belum Punya Izin Pengelolaan

PADANG (Metrans)

Anggota Komisi IV Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang Iswandi mengimbau Pemerintah Kota (Pemko) Padang agar, melalui Dinas terkait, memperjelas status keberadaan pulau-pulau yang notabene telah dijadikan destinasi wisata di Kota Padang. Ini karena diketahui dari seluruh pulau yang beroperasi sebagai destinasi wisata tersebut belum ada satupun yang mengantongi izin pengelolaan untuk dijadikan objek wisata.

“Ini berbahaya. Setidaknya untuk Pemko sendiri. Jika dikemudian hari, di pulau yang beroperasi secara ilegal ini terjadi kecelakaan, yang akan diseret adalah nama Pemko,” kata Iswandi pada Metrans, Selasa (7/3).


“Kita sangat berharap pada Pemko Padang, melalui Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, agar bertegas-tegas urusan ini. Ada sekitar 15 pulau di Kota Padang. Kalau semuanya dikelola dengan baik dan maksimal, tentu bisa berkontribusi signifikan terhadap Pendapatan Asli Daerah (PAD)Kota Padang,” tutur Iswandi.

Menurutnya, Pemko Padang kelak bisa bekerjasama dengan pihak ketiga dalam pengelolaan pulau sebagai destinasi wisata. Potensi pulau di Kota Padang sendiri sangat besar untuk menjadi icon pariwisata. Namun, pihak ketiga harus mengurus izin terlebih dahulu sehingga pengelolaan pulau-pulau tersebut bisa legal.

Masalah keamanan pengunjung, ditekankan Iswandi, sangat penting mengingat pulau-pulau tersebut lokasinya cukup jauh dari pantai. Karena itu, resiko safety di sini perlu mendapat porsi perhatian yang besar. Jika masih saja pulau-pulau ini beroperasi secara ilegal, Kota Padang tinggal menunggu resiko yang dikhawatirkan.

“Tidak boleh semaunya menjadikan pulau sebagai destinasi wisata. Semua ada aturannya,” imbuh dia.

Sementara, Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Padang, Medi Iswandi, melalui sambungan WA mengatakan pada Metrans, bahwa Dinasnya hanya memberikan rekomendasi jika izin telah diberikan oleh Dinas Penanaman Modal. Namun dia tidak menyangkal bahwa pulau-pulau di Kota Padang banyak yang bandel beroperasi sebagai destinasi wisata padahal masih belum mengantongi izin pengelolaan. (yyn)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru