Ratusan Babinsa Kodim 0304/Agam Ikuti Pembekalan Binter

Ratusan Babinsa Kodim 0304/Agam mengikuti pembekalan serta pembinaan tentang komunikasi sosial di Aula Makodim 0304/Agam, Selasa (20/3).

AGAM (Metrans)

Ratusan Bintara Pembina Desa (Babinsa) Komando Distrik Militer (Kodim) 0304/Agam diberikan pembekalan serta pembinaan di Aula Makodim 0304/Agam. Kegiatan ini tujuannya meningkatkan kemampuan komunikasi sosial dalam melaksanakan tugas-tugas di lapangan, Selasa (20/3).

Dalam kegiatan itu, ratusan Babinsa diberikan materi pelatihan Pembinaan Teritorial (Binter) tentang pengamalan sikap teritorial, teknik peningkatan kemampuan komunikasi serta pengetahuan tentang bahaya laten komunis.


“Kegiatan ini untuk mewujudkan aparat teritorial yang Profesional dalam rangka pelaksanaan tugas Binter di wilayah,” ujar Kasdim 0304/Agam Mayor Inf  Indra Jayadi saat memberikan materi.

Kasdim 0304/Agam ini juga menyampaikan, bahwa Babinsa merupakan ujung tombak TNI-AD dibidang teritorial. Ia katakan, dalam melaksanakan tugasnya Babinsa harus menguasai lima kemampuan teritorial, diantaranya kemampuan cegah dini deteksi dini lapor cepat.

Selain itu, Babinsa juga dituntut  untuk mempunyai kemampuan komunikasi sosial. Artinya, Babinsa harus pandai komunikasi, berpidato, ceramah, dan menguasai segala bidang ilmu pengetahuan. Ia juga tegaskan, penguasaan ilmu seni kepemimpinan sangat mempengaruhi keberadaan Babinsa di lapangan.

"Babinsa memiliki peran penting bagi masyarakat, baik dalam kerukunan hingga masalah ketahanan masyarakat. Jadi komunikasi sangat penting, agar masyarakat simpati bahkan percaya terhadap apa yang disampaikan,” lanjutnya.

Lebih jauh lagi ia jelaskan, bahwa Babinsa tidak pernah jauh dari masyarakat binaannya. Berdasarkan itu pula, Babinsa haruslah senantiasa selalu berkomunikasi dengan masyarakat binaannya. Bukan hanya untuk menjalin silaturrahmi, tapi juga membahas hal-hal yang dapat membantu masyarakat.

Indra juga mengharapkan Babinsa bisa mengikuti dan menyerap materi yang diberikan dengan baik. Harapan ini, agar setiap Babinsa mampu menjabarkan dan menterjemahkan serta mengaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari dengan wujud nyata.

“Semoga kegiatan ini benar-benar bisa dipraktikkan secara nyata dalam pembinaan teritorial melalui kegiatan komunikasi sosial, yang menyatu dan melebur ke dalam wahana komponen masyarakat,” tambahnya.

Turut hadir dalam acara Peningakatan Kemampuan Komunikasi Sosial tersebut, diantaranya Kasdim 03014/Agam, Para Pasi Kodim 0304/Agam, Para Danramil Kodim 0304/Agam serta sekitar ratusan Babinsa Kodim 0304/Agam. (why)


Jangan Lewatkan