oleh



Rektor UIN IB Padang Optimis Bisa Kompetitif di Asean

PADANG (Metrans)

Civitas akademika Universitas Islam Negeri Imam Bonjol (UIN-IB) Padang, semakin optimis lebih kompetitif di tingkat Asean tahun 2037 mendatang. Pasalnya, secara nasional UIN IB Padang telah diakui memiliki sumber daya insani yang islami, serta berkarakter.

Kemudian, lulusan UIN IB Padang ini mayoritas selalu menjadi panutan di tengah-tengah masyarakat luas. UIN IB Padang memiliki kapasitas, kapabilitas, dan SDM yang berpotensi besar dalam menghasilkan lulusan yang terbaik, terdidik, terlatih, dan berintegritas.


“Kami berharap alumni yang dilantik hari ini mampu berkontribusi secara maksimal demi kemaslahatan masyarakat, agama, bangsa, dan negara, dengan cerdas, ikhlas, dan tuntas,” kata Rektor UIN IB Padang, Eka Putra Wirman saat wisuda ke-78 di Gedung Serba Guna UIN IB Padang, Rabu (27/12).

Pada wisuda ke-78 ini, Rektor UIN IB Padang melantik sebanyak 1.047 orang wisudawan/ti. Wisuda kali ini, merupakan wisuda perdana pasca peralihan status institusi dari Institut Agama Islam Negeri Imam Bonjol (IAIN-IB) Padang menjadi UIN IB Padang.

Pada kesempatan itu, Eka menyampaikan bahwa secara bertahap akan membenahi konsolidasi, pembangunan, reputasi dan prestasi, sarana prasarana, demi UIN IB Padang lebih bermartabat di mata masyarakat, sekaligus untuk membawa UIN IB Padang bisa kompetitif di tingkat Asean 2037 mendatang.

“Wisuda ke-78 ini perdana atas nama UIN IB Padang, dengan rincian 146 lulusan diploma, 943 sarjana, 190 FEBI, 99 Fakutas Syariah, 401 Fakultas Tarbiyah dan Keguruan, 89 Fakultas Ushuluddin, dan 104 Pascasrjana,” sebutnya.

Eka menambahkan, saat ini pihaknya sudah melakukan surveilence oleh tim BAN-PT dan hasilnya sudah disampaikan BAN-PT, yakni dengan peringkat “B” dengan nilai 315. Selain itu, seluruh program studi (prodi) sudah dialihstatuskan dari IAIN ke UIN, diantaranya 9 prodi sedang akreditasi, 3 prodi “A”, 26 prodi “B” dan 4 prodi “C”.

Kemudian, ia juga menyebutkan pihak UIN IB Padang juga sudah memiliki dua jurnal terakreditasi secara nasional, yakni Al-Ta’lim dan Kafa’ah.  Selain itu, UIN IB Padang mempunyai tenaga pengajar yang profesional, yaitu 84 orang doktor, 287 magister, serta 2 profesi atau sarjana.

“Kita optimis bisa kompetitif tingkat Asean 2037 mendatang, karena tenaga dosen kita sebanyak 373 orang sudah mumpuni dibidangnya. Makanya sangat diharapkan semua civitas akademika UIN IB Padang bisa bekerjasama dengan baik,” sebutnya.

Sebelum ia mengakhiri pidatonya, Ia menyebutkan bahwa mendidik dan meluluskan mahasiswa ialah gabungan karya nyata darma pendidikan, penelitian, pengabdian kepada masyarakat. Makanya, saat ini pihaknya masih berkosentrasi dalam bidang keagamaan dan mulai mengembangkan bidang sains dan teknologi.

“Selain berkewajiban menghasilkan insani yang berakhlak mulia, UIN IB Padang juga memiliki kewajiban memperkaya Ilmu pengetahuan, termasuk ilmu sains dan teknologi,” tutupnya. (why)


Editor :  Fahlevi

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru