oleh

MANDI-MANDI BERSAMA REKAN

Remaja 13 Tahun Ditemukan Tewas Tenggelam di Bendungan Irigasi Batang Selo

LIMA KAUM (Metrans)

Seorang remaja laki-laki ditemukan tewas setelah tenggelam saat mandi-mandi di Bendungan Irigasi Batang Selo Jorong Bukit Gombak Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum, Kabupaten Tanah Datar, Kamis (28/6) sekitar pukul 14.00 WIB. 

Informasi yang berhasil dihimpun Metrans di lokasi, korban yang diketahui bernama Dede Hidayah (13) warga Jorong Jati, Nagari Baringin, Kecamatan Lima Kaum tersebut berhasil ditemukan di dasar sungai oleh warga yang kebetulan melintasi lokasi kejadian.


Diketahui, kejadian berawal saat korban bermaksud pergi mandi-mandi bersama tiga rekannya di lokasi kejadian. Sesampai di lokasi, korban lebih dulu meloncat ke bendungan, sedangkan rekannya masih belum ikut mandi. Selang beberapa menit, korban yang awalnya meloncat tak kunjung muncul ke permukaan air, sehingga membuat panik tiga rekannya yang lain.

Selanjutnya, rekan korban akhirnya berusaha mencari bantuan warga, hingga akhirnya rekan korban bertemu dengan Desman Effendi yang kebetulan lewat.

Desman yang diberi tahu oleh rekan korban, akhirnya terjun langsung mencari korban. Namun disayangkan, korban didapati sudah dalam keadaan tidak bernyawa di dasar Sungai Batang Selo, hingga selanjutnya korban dievakuasi oleh warga tersebut dan dilarikan ke RSUD Ali Hanafiah Batusangkar.

Desman Effendi kepada awak media mengatakan, saat korban dan temannya asik berenang, tanpa disadari, korban bergerak menuju pintu pembatas air, diperkirakan korban tidak mengetahui pintu air memiliki tingkatan kedalaman yang berbeda.

Dikatakan, korban diduga terperosok ke dasar pintu air yang diperkirakan memiliki kedalaman sekitar 2 hingga 5 meter. Melihat korban tidak muncul ke permukaan air, ketiga teman korban langsung melihat ke pintu air sambil memangil-mangil korban namun tak ada jawaban dari korban.

“Setelah kurang lebih 10 menit, saya menemukan korban dalam keadaan tertelungkup di dasar Irigasi,” ujar Desman kepada awak media.

Selanjutnya, korban, malam tadi disemayamkan di rumah duka di Jorong Jati Nagari Baringin. Direncanakan, korban akan dikebumikan di Jorong Sawah Kareh Nagari Balimbing Kecamatan Rambatan.

Kapolres Tanah Datar, AKBP Bayuaji Yudha Prajas ketika di konfirmasi Metrans membenarkan korban Dede tenggelam dan ditemukan sudah tak bernyawa di Irigasi Batang Selo Bukit Gombak. Kejadian ini menurutnya harus menjadi perhatian bagi para orang tua yang memiliki anak.

“Kita mengimbau, agar orang tua tidak cuek saja dengan aktivitas anak. Tanya anak kemana mau pergi, perhatikan anak-anak agar tidak terjadi hal-hal yang tidak diinginkan,” imbau Kapolres.

Dikatakan, kejadian ini merupakan yang kedua kalinya dalam sepekan terakhir remaja tewas akibat tenggelam. Sebelumnya, seorang remaja berusia 15 tahun yang masih terdaftar sebagai salah seorang siswa SMP tewas setelah tenggelam saat mandi-mandi di Tanjung Mutiara, Danau Singkarak, Minggu (24/6) sekira pukul 14.45 WIB. Tubuh korban berhasil dievakuasi satu jam setelah kejadian oleh petugas bersama warga lainnya. (eri)


Tag:

Editor :  Raihan Al Karim

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru