oleh



Riesky dan Anggelia Duta GenRe Tanah Datar 2018

BATUSANGKAR (Metrans)

Setelah melalui seleksi ketat dan masa karantina, akhirnya terpilih Riesky Mily Valdo My mahasiswa IAIN Batusangkar dan Anggelia Ratu Balqis asal SMA 1 Sungayang sebagai Duta GenRe Tanah Datar 2018 sekaligus mewakil ke tingkat Provinsi Sumatera Barat.

Ini diketahui saat diumumkan pada malam Grand Final Pemilihan Duta GenRe (Generasi Berencana) Kabupaten Tanah Datar yang digelar di Gedung Nasional Suri Maharajo Dirajo Batusangkar, Jum'at malam (09/03).


Ajang yang untuk pertama kalinya digelar ini berlangsung meriah dan semarak, dikuti oleh 36 peserta dari Pusat Informasi dan Konseling Remaja/Mahasiswa (PIKRM) se Kabupaten Tanah Datar.

Selain itu juga dipilih terpilih Runner Up 1 Akrisian Jayatamal (IAIN Batusangkar) dan Wulan Jenisla Sari (IAIN Batusangkar) dan Runner Up 2 Gilang Andra Bushido (IAIN Batusangkar) dan Sunita Rahmadani (IAIN Batusangkar).

Duta GenRe Berbakat Zikra Zulfani (MAN 2 Tanah Datar) dan Viora Nabila Trifitri (SMAN 1 Sungayang), Duta GenRe Favorit Zeoni Saputra (SMAN 2 Lintau Buo) dan Indah Pumadari (SMAN 2 Lintau Buo), Duta GenRe Hafiz dan Hafizah Afdil Akbar (SMAN 1 Sungayang) dan Yulia Sukma (MAN 4 Tanah Datar), Duta GenRe Kepemimpinan Yoga Fagiano (SMAN 1 Salimpaung) dan Nadhila Safira (SMAN 2 Batusangkar) serta duta GenRe Fotogenik Yofi Hendra (SMAN 2 Sungai Tarab) dan Dhea Ade Maulina (SMAN 2 Lintau Buo).

Ketua Panitia Pelaksana Adrion Nurdal dalam laporannya menyampaikan pemilihan duta GenRe bertujuan meningkatkan pengetahuan sikap dan perilaku yang positif, berkarakter dan berintegritas di kalangan kampus/sekolah maupun masyarakat sekaligus mempromosikan program GenRe.

Disebutkan sasarannya yaitu remaja/mahasiswa yang berumur 16-22 tahun baik yang masih sekolah maupun mahasiswa maksimal duduk di semester IV yang akan menjadi agen perubahan mengkampanye minimal 3 slogan atau yang dikenal Triad KRR.

Lebih lanjut Adrion yang juga Kadis PMDPPKB menyebutkan slogan GenRe yakni tidak menikah di usia dini, tidak melakukan penyimpangan seksual dan tidak mencoba-coba narkoba.

Sementara Bunda GenRe Sumatera Barat Ny. Emi Irdinansyah menyambut baik kegiatan pemilihan duta GenRe. "Kegiatan ini bernilai positif untuk terbentuknya generasi masa depan sehat dan berkualitas," sebut Ny. Emi Irdinansyah.

"Semoga akan tumbuh subur kelompok GenRe di Tanah Datar, yang akan menjadi contoh bagi teman sebaya bagaimana menjadi generasi yang sehat, cerdas dan ceria serta membawa pengaruh positif di lingkungannya," tambahnya.

Kepala Perwakilan BKKN Sumbar yang diwakili Kabid KSPK Mardalena Wati Yulia mengapresiasi GenRe Tanah Datar. "GenRe Tanah Datar tergolong aktif mengkampanye program GenRe di kalangan kampus dan sekolah," puji Mardalena.

Lebih lanjut Mardalena berharap dengan terlaksananya pemilihan duta GenRe, masyarakat khususnya generasi muda semakin mengetahui dan memahami sepenuhnya program-program GenRe dan semakin bertambah munculnya kelompok PIK Remaja dan Mahasiwa baru yang aktif menularkan “virus-virus” postif.

Pada akhirnya nanti tekan Mardalena, akan memberi kontribusi positif lahir generasi muda yang produktif dan kreatif, bonus demografi tahun 2020 di Indonesia benar-benar akan menjadi “bonus” bukan “beban” demografi bagi negara ini.

Bupati Tanah Datar yang diwakili Sekda Hardiman menyambut baik program GenRe yang bertujuan untuk pembentukan karakter dan kualitas generasi muda.

"Pemerintah daerah sangat konsen terhadap peningkatan kualitas SDM khususnya generasi usia muda," tegas Hardiman.

Hardiman sampaikan generasi muda Tanah Datar patut dibanggakan, "Lima kali berturut-turut jumlah pelajar Tanah Datar terbanyak diterima di PTN di seluruh Indonesia" ucapnya.

Hal ini menunjukkan pelajar Tanah Datar menyadari pentingnya menjaga kualitas diri untuk meraih masa depan yang cerah. “Dengan tidak menikah di usia dini, tidak melakukan penyimpangan seksual dan tidak mencoba-coba narkoba, sejalan dengan program pemerinatah daerah yang sangat konsen terhadap penerapan Adat Basandi Syarak, Syarak Basandi Kitabullah di Luak Nan Tuo,” pungkasnya. (eri)


Editor :  Febriansyah Fahlevi

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru