Riza Falepi: Saya Tak Mau Jadi Orang Nomor Dua di Pilgub Sumbar

Riza Falepi

PADANG (Metrans)
Walikota Payakumbuh H. Riza Falepi menegaskan, sedikitpun dia tak pernah punya keinginan untuk menjadi "orang nomor dua" dalam pemilihan gubernur dan wakil gubernur Sumbar tahun 2020 mendatang.

"Kalau ada yang mengatakan jika saya bersedia disandingkan dengan si anu untuk menjadi wakilnya, saya katakan saja, itu adalah hoax," katanya kepada para wartawan di Padang, Kamis (12/12).

Riza menyatakan kalau dia sudah menetapkan pilihan, yakni menjadi orang nomor satu dalam Pilgub Sumbar 2020, dan tidak berminat menjadi orang nomor dua.


"Dari pada menjadi orang nomor dua, eloklah saya tuntaskan saja kerja saya jadi Walikota Payakumbuh, dan bila telah selesai nanti, saya balik lagi jadi pengusaha di Jakarta.

Apalagi, untuk maju menjadi gubernur butuh biaya yang tidak sedikit, dan paling sedikit akan butuh biaya Rp30 milyar.

"Untuk dana sebesar itupun saya sudah mulai menggalang dana atas bantuan kawan-kawan," tukuknya.

Namun ia mengaku, partai tempat ia bernaung selama ini (PKS-pen) hingga saat ini belum lagi menetapkan nama yang diusungnya dalam Pilgub Sumbar mendatang.

Meski begitu, Riza mengaku juga kalau dia sudah melakukan lobi-lobi dengan partai lain, dimana nantinya bila lobi-lobi itu berhasil, diharapkan bisa berkoalisi dengan PKS.

Ketika ditanya tentang prestasinya saat menjadi Walikota Payakumbuh, Riza mengatakan tak mau sesumbar soal itu, tapi bila ditanya langsung kepada warga Kota Payakumbuh.

Namun ia mengaku telah melakukan 3.000 'bedah rumah' terhadap mereka yang termasuk klasifikasi tak mampu, menuntaskan program PDAM dan sebagainya.  (*)


Jangan Lewatkan