RPJMD 2020 Pemko Padang Banyak Dapat Masukan dari Dewan

Padang, Metrans - Pemko Padang bersama DPRD Kota Padang mulai merancang Rencana Kerja (Renja) Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2020. Terungkap pada pembahasan itu, Pemko Padang bertekat mewujudkan Kota dengan masyarakat yang madani berbasis pendidikan, perdagangan dan pariwisata, serta
unggul dan berdaya saing.

Sekretaris Daerah Pemko Padang, Amasrul mengatakan garis besar yang diupayakan dalam mewujudkan Kota Padang yang madani adalah dengan memperkuat program pada basis Pendidikan, Perdagangan, serta Pariwisata. Untuk itu, kata Amasrul, setiap basis unggulan itu, nantinya akan diuraikan pada setiap komisi di DPRD.

“Yang seyogyanya menjadi mitra Pemko. Sehingga DPRD juga dapat menyamakan konsep tersebut dalam rangka membangun Kota Padang ke depannya,” kata Amasrul usai pemaparan RPJMD 2019-2024 pada anggota dewan Kota Padang kepada awak media, Jumat (4/10).


Amasrul membeberkan, ada tujuh misi Wali Kota yang diuraikan sehingga masuk kedalam 11 program unggulan. Ini lah yang dirembukan bersama OPD dengan DPRD Kota Padang. Pertama kata dia, fokus Pemko Padang pada pendidikan karena untuk menciptkan masyarakat yang madani jika tidak berpendidikan hal itu mustahil.

Pada program pendidikan, sebut Amasrul, Pemko Padang masih mempertahankan program baik yang telah terlaksana sebelumnya. Seperti Pesantren Ramadhan, program 18 21. Program itu baik, sebab dapat menghasilkan pelajar yang berkarakter.

Selain itu untuk program Pariwisata, Amasrul menyebut, program yang mengedepankan wisata halal, bersih serta penuh dengan keramahan. Untuk itu, Amasrul berharap, setiap OPD yang ada dapat mendukung secara langsung dalam mewujudkan program dimaksud.

“Berpendidikan yang berkarakter yang kita ciptakan. Disamping pendidikan sekolah-sekolah agama, kita tetap melaksanakan peserta ramadhan agar terwujud masyarakat madani,” ujar Amasrul.

Begitu juga perdagangan, sebut Amasrul, diciptakan perdagangan yang madani dengan menyuguhkan konsep halal terbaik. Artinya ada program di OPD tersebut untuk masyarakat membuat perdagangan yang baik. Sehingga UMKM meningkat dan perdagangan lebih persentatif.

“Kita ciptakan wisata yang ramah, halal, dan bersih. Ini lah yang didukung dengan kebersihan kota. Maka ada program edukasi kepada masyarakat supaya orang yang datang ke Padang ada kesan,” tandas Amasrul. (can)


Jangan Lewatkan