MATERIAL SIM HABIS

Satlantas Polresta Padang Terbitkan 11.687 Lembar SIM Sementara

Ilustrasi pemohon SIM di Polresta Padang. (Foto: Raihan Al Karim)

PADANG (Metrans)

Satuan Lalu-lintas (Satlantas) Polresta Padang kehabisan material SIM. Akibatnya para pemohon terpaksa diberikan SIM sementara berbentuk lembaran kertas oleh Satlantas Polresta Padang.

Kasat Lantas Polresta Padang, Kompol Asril Prasetya kepada Metrans, Rabu (15/8) mengatakan, pemberlakuan SIM sementara di Satpas dan SIM keliling karena kekurangan material SIM berlangsung sejak tanggal 26 Juni 2018. Hal tersebut terjadi karena proses pengiriman dari Korlantas mengalami keterlambatan.


Dikatakan, terhitung tanggal 26 Juni hingga tanggal 14 Agustus 2018, pihaknya telah menerbitkan 11.687 lembar SIM sementara kepada pemohon SIM.

"Material SIM habis sejak tanggal 26 Juni. Terhitung tanggal 26 Juni sampai kemarin (14 Agustus), kita telah menerbitkan 11.687 lembar SIM sementara kepada pemohon SIM. Untuk permohonan SIM baru ada 7.288 berkas, dan perpanjangan SIM ada 4.401 berkas," kata dia.

Ditambahkan, kekurangan material SIM ini tidak hanya terjadi di Padang saja, namun di daerah lain juga demikian.

"Di daerah lain juga demikian. Kekurangan material SIM juga dialami di seluruh Polres se-Indonesia," ungkap mantan Kapolsek Lubuk Begalung itu.

Lebih lanjut dikatakan, pihaknya belum mengetahui secara pasti kapan stok bahan dasar SIM tersebut kembali tercukupi. Namun kata dia, pemohon SIM diminta untuk tidak khawatir, karena SIM sementara berbentuk kertas tersebut sama fungsinya seperti kepingan SIM asli.

"Jika nanti material SIM sudah kembali tersedia, para pemohon yang memiliki SIM sementara akan kami hubungi untuk memperoleh kepingan SIM-nya tanpa biaya tambahan," katanya mengakhiri. (Raihan)


Jangan Lewatkan