Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar Menduga Pihak Pos Langgar Perjanjian Kerjasama Salurkan BLT Provinsi

Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar, H. M. Nurnas

PADANG (Metrans)
Pemprov Sumbar harus mengkaji ulang kerjasama dengan pihak PT. Pos Indonesia untuk membagikan Bantuan Langsung Tunai (BLT) kepada masyarakat terdampak Covid-19.

"Saya menduga adanya pelanggaran terhadap kontrak kerja dengan Pemprov Sumbar dalam membagikan BLT ini kepada masyarakat," ujar Sekretaris Komisi I DPRD Sumbar H. M. Nurnas, Jumat (29/5), menyikapi bergerombolnya masyarakat dalam mencairkan BLT di kantor Pos.

Sebab dalam kontrak kerja tersebut, tambah Nurnas, salah satu poinnya dinyatakan bahwa pihak Pos harus mengatantarkan langsung bantuan kepada penerima dan menempelkan sticker bagi yang sudah menerima BLT di rumah tersebut.


Sebagai bukti, katanya lagi, dia melihat di lokasi penerima pada salah satu nagari di Kabupaten Padang Pariman, dimana rumah  mayoritas penerima tidak ada tertempel sticker dimaksud.

Sebab, menurut mantan Ketua Lembaga Pengembangan Jasa Konstruksi (LPJK) Sumbar ini, antara BLT Provinsi dan BLT Kemensos berbeda polanya, dimana BLT Provinsi diantar langsung ke penerima, sementara BLT Kemensos dijemput ke kantor pos.

"Jadi, pihak Pos tidak bisa menyamaratakan begitu," tandas dia.

Akibat dugaan adanya pelanggaran kontrak tersebut, sempat terjadi keributan di Kabupaten Pessel dalam pembagian BLT dimaksud, dan itu membuktikan kalau BLT Provinsi tidak diantar langsung.

"Ini perlu dievaluasi. Tugas pihak pos dalam kontrak kerja menyalurkan BLT provinsi sampai ke rumah penerima, sekaligus menempelkan sticker bukti rumah tangga tersebut sudah menerima bantuan, ternyata pihak pos hanya menitip pada nagari, desa/kelurahan, dan ada juga yang meminta penerima untuk datang ke kantor pos, itu jelas melanggar kontrak kerja," ulas Nurnas.

Ditambahkannya, gunanya sticker ditempel di rumah penerima, agar tidak ada lagi penerima ganda dan lebih tertib administrasi, sehingga jika ada bantuan berikutnya tidak menimbulkan polemik.


Jangan Lewatkan