Senin Diumumkan, Tujuh Pemain Sumbar Dipanggil Timnas U-19

pemain akademi PSP Padang

PADANG (Metrans)
Tujuh pemain U-19 asal Sumbar bakal berjuang untuk bisa masuk timnas U-19 yang akan digelar di Stadion Utama Riau, Kota Pekanbaru, 20 Maret mendatang.

"Dari rilis yang diberikan manajemen timnas U-19, ada tujuh pemain asal Sumbar yang berhak ikut seleksi di tingkat nasional. Besok (hari ini-red) nama-nama pemain U-19 akan dikirim untuk ikut seleksi yang akan digelar di Pekanbaru," ujar Sekum Asprov PSSI Sumbar Hendra Dupa, Minggu (5/3).

Seleksi di Pekanbaru ini merupakan seleksi gabungan yang langsung dipimpin pelatih kepala timnas U-19 Indra Sjafri. "Ya, seleksi akan langsung dipimpin Indra Sjafri. Ini kesempatan bagi pemain kita untuk bisa lolos seleksi," terang Handra.


Indra mengatakan bahwa Pekanbaru merupakan kota terakhir yang disinggahinya untuk seleksi timnas U-19 tersebut. Papua merupakan regional terakhir yang ia sambangi sebelum ke Kota Pekanbaru. 

Menurut dia, hasil dari seleksi ini kemudian akan dibawa ke Jakarta untuk mengikuti Pelatnas tahap pertama.  Hasil seleksi dari sejumlah daerah di Indonesia itu, katanya akan diumumkan akhir Maret mendatang. 

Sementara Indra Sjafri mengatakan, bahwa pada seleksi nasional nanti para pemain akan menghadapi seleksi lebih ketat. Di antara pemeriksaan itu adalah kesehatan, psikotes, fisik, dan pengamatan langsung seperti yang dilakukan di sejumlah Asprov. 

Kemudian, pascaseleksi timnas U-19 akan melakukan pemantapan tim terpilih pada 11 Maret 2016. 

Akan tetapi, para pemain yang masuk skuat tidak bisa "ongkang-ongkang kaki" karena sistem promosi-degradasi masih terus berjalan.

Timnas U-19 akan membawa nama Indonesia di Piala AFF U-18 di Myanmar pada September 2017, kualifikasi-putaran final Piala Asia tahun 2018 dan diharapkan bisa menembus Piala Dunia U-20 tahun 2019. (can) 


Jangan Lewatkan