oleh



Siang Ini, Koperasi Saudagar  Minang Raya Diresmikan

JAKARTA (Metrans) --- Bila tak ada aral melintang, insya Allah, Menteri Koperasi dan UMKM, Anak Agung Ngurah Puspayoga bakal meresmikan berdirinya Koperasi Saudagar Minang Raya (SMR), di acara Festival Kampoeng Minangkabau, di Lapangan Banteng, Jakarta, Jumat (28/4) siang ini.

Ketua Koperasi SMR, Prof. Fashbir Noor Sidin, di Bogor, kemarin, menyebutkan, koperasi ini sudah berdiri sejak  Januari lalu dengan modal pertama sudah lebih dari Rp600 juta dari 120 orang anggota pendirinya. 

Masing-masing anggota memiliki kewajiban simpanan pokok sebesar Rp1 juta, simpanan wajib sebesar Rp100.000/bulan yang dibayar secara berkala untuk 12 bulan di awal dan simpanan sukarela.


"Jumat besok itu adalah peresmian pengukuhannya oleh Menkop, sekaligus pembukaan Festival Kampoeng Minangkabau di Lapangan Banteng," kata Fashbir.

Pengajar di Lemhanas ini menambahkan, koperasi SMR didirikan oleh sejumlah tokoh dan pengusaha Minang di Jakarta dan di berbagai daerah lainnya di Indonesia, bahkan dari luar negeri. Dengan latarbelakang ini, keberadaan Koperasi SMR diharapkan bisa berkontribusi besar dalam menggerakkan perekonomian bangsa, khususnya bidang koperasi.

Koperasi SMR ini, kata Fashbir, sudah memiliki badan hukum, yaitu Akte Notaris  No.10 tertanggal 27 Januari 2017 dan pengesahan dari Menteri Koperasi dan Usaha Kecil dan Menengah dengan keputusan no. 003680/9H/M.KUKM.2/III/2017 tanggal 20 Maret 2017.

Sejumlah peluang usaha sudah mulai dijalankan oleh Koperasi SMR, antara lain membangun gerai cepat saji d'Besto di Tangeranag dan kota-kota lainnya di Indonesia, mengelola pusat fasilitas sosial Apartemen Pancoran, peternakan dan perdagangan ayam potonh dan usaha simpan pinjam.

Kepengurusan Koperasi SMR yang besok akan ikut dikukuhkan adalah Pengawas yang dipimpin H. Basril Djabar (owner Harian Singgalang) dengan anggota Irjen Pol.Purn. Dasrul Lamsuddin, Joineri Kahar, Nurhayati Subakat, dan Busharmaidi. Pengurus: Fashbir Noor Sidin (Ketua), Budhy Mitra Shah (Wakil Ketua), John Heilmy (sekretaris), Ardevi (wakil sekretaris I), Indra Utama (wakil sekretaris II), Elva Waniza (bendahara), dan Aditya Kusuma (wakil bendahara).

Di samping itu juga ada Divisi Investasi dan Pengembangan Usaha yang pegang Rudi Chandra dan Revri Aroes; Divisi Usaha dipegang Evalinda dan Irda Suryaningsih; Divisi Kerjasama dan Kemitraan dipercayakan kepada Zulfikar Adil dan Nazief E. Siddik; Biro Hukum dipegang Syahrul, SH; Biro ICT dipegang Syahrial; dan Biro Hubungan Kelembagaan dipegang Tunra Meliala.

Dalam kepengurusan ini juga dibentuk Koordinator Wilayah yang diri dari Daniel (Wilayah Jawa Barat), Revri Aroes (Banten), Joinaldi (Sulawesi), Edi Tomato (Bali dan Nusa Tenggara), Indra Warman (Sumbar I), Imam (Sumbar II), dan Suhardi (Sumut). (*/al)


Tag:

Editor :  Raihan Al Karim

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru