oleh



SMKN 2 Padang Ditunjuk Menyelenggarakan OSN Bidang IT

PADANG (Metrans)

Provinsi Sumatera Barat jadi tuan rumah Olimpiade Sains Nasional (OSN) ke-27 tahun 2018.  OSN ini akan dilangsungkan di Kota Padang, mulai dari tanggal 2 hingga 4 Juli 2018.

Peserta OSN tahun 2018 ini diperkirakan berjumlah keseleruhan sebanyak 2.147 peserta, yang terdiri dari sebanyak 1.433 peserta OSN SD, SMP dan SMA.


Selain itu juga akan diikuti sebanyak 170 orang pendamping, 63 orang pembina, 235 juri, 80 asisten juri, dan sebanyak 161 panitia dari pusat.

Agar OSN ke-27 ini sukses Pemerintah Provinsi Sumatera Barat menunjuk 4 SMA sebagai penyelenggaranya, yaitu SMA 1, SMA 2, SMA 3 dan SMA 10. Kemudian 3 SMK sebagai penyelenggara, yaitu Sekolah Menengah Kejuruan Negeri (SMKN) 2 Padang, SMKN  dan SMKN PP.

Kepala SMKN 2 Padang, Drs. Rusmadi, M.Pd, didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Drs. Yen Taufik, MM, Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana, Drs. Salmadi dan Wakil Kepala Sekolah Bidang Kehumasan Dra Aida Mulyani M.Pd, Kamis (21/6) mengatakan, dalam OSN ke-27 ini SMKN 2 Padang dipercaya oleh Pemerintah Provinsi Sumbar melalui Dinas Pendidikan sebagai penyelanggara Bidang Information Technology (IT).

Kata Rusmadi, sebagai penyelenggara olimpiade ilmu pengetahuan yang diselenggarakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia dan merupakan kompetisi resmi selain O2SN (bidang olahraga) dan FLS2N (festival dan seni), berbagai persiapan telah mulai dilakukan oleh SMKN 2 Padang.

“Pelaksanaan OSN ini dimulai dari tanggal 2 Juli hingga 4 Juli. Usai pembukaan OSN di aula Universitas Negeri Padang, sektiar jam 13.00 WIB, semua peserta OSN bidang Information Technology yang berjumlah 85 orang akan mengikuti technical meeting di SMKN 2 Padang,” kata Rusmadi.

Untuk pelaksanaan lomba OSN bidang Information Technology sendiri kata dia, baru dilaksanakan pada tanggal 3 hingga 4 Juli, yang dimulai pada jam 08.00 WIB sampai jam 12.00 WIB.

Dikatakan, untuk bidang komputer terbagi menjadi dua tes, satu tes dilaksanakan sehari dengan durasi lima jam. Satu tes sebanyak 4 soal dengan setiap soal memiliki 5 subsoal yang mempunyai tingkat kesulitan dan poin yang berbeda.

Poin yang diraih peserta selama lomba, kata Rusmadi, bisa langsung dipantau oleh pendamping maupun pembina masing-masing peserta, sebab akumulasi poin tersebut secara langsung ditampilkan pada scoreboard selama 4 jam pertama tes berlangsung perhari.

Dikatakan, OSN Komputer ini menggunakan fasilitas tokilearning dan dilaksanakan menggunakan perangkat komputer dengan spesifikasi sama.

“Para pendamping maupun pembina dapat memantau langsung detik per detik hasil yang diraih peserta didiknya melalui scoreboard yang telah kita sediakan. Hal ini dilanjutkan sampai tanggal 4 Juli,” kata Rusmadi.

Kemudian, kata dia, usai rehat, sekitar jam 13.30 WIB diadakan kegiatan “membuka wawasan” para peserta dan pelajar yang ada di Kota Padang, tentang memanfaatkan teknologi untuk kehidupan, dengan nara sumber dari Buka Lapak, OXL, Lazada dan lainnya.

“Tujuan dari kegiatan “membuka wawasan” ini adalah, bagaimana generasi muda Indonesia bisa memanfaatkan teknologi untuk kehidupannya, seperti melakukan kegiatan penjualan melalui jaringan internet atau penjualan online,” katanya.

Dengan demikian, kata Rusmadi menambahkan, diharapkan akan muncul jiwa kewirausahaan generasi muda. Dengan timbulnya jiwa kewirausahaan itu, generasi muda Indonesia akan bisa hidup dan berkarya.

Dia mengatakan, ini sesuai dengan program kompetensi yang ada di SMKN 2 Padang, yaitu teknik Teknik Komputer Jaringan (TKJ), Rekayasa Perangkat Lunak (RPL) dan Jurusan Bisnis Manajemen dengan kompetensi Pemasaran, Akuntansi dan Administrasi Perkantoran. Selain itu juga ada program keahlian Multimedia dan Pariwisata dengan Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata.

Pemasaran online ini kata Rusmadi lagi, sengaja rancang dalam satu mata pelajaran khusus di SMKN 2 Padang, dengan harapan bagaimana para peserta didik di jaman now bisa hidup dengan memanfaatkan teknologi. (feb)


Editor :  Febriansyah Fahlevi

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru