oleh

SEMENJAK PERGANTIAN NAMA
SMKN 2 Padang Mulai Diramaikan Pelajar Pria

PADANG (Metrans)

Berpuluh-puluh tahun Sekolah Menengah Ekonomi Atas (SMEA) Negeri 1 Simpang Haru Padang diidentikkan dengan “sekolahnya” kaum perempuan. Maklum saja, sekolah yang didirikan semenjak tahun 1952, dengan jurusan Tata Buku, Perdagangan, Perkantroran dan Koperasi itu, memang diminati oleh kaum perempuan, di Kota Padang khususnya dan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) umumnya.

Anggapan sebagai “sekolahnya” kaum perempuan itu terus melekat, kendati SMEA Negeri 1 Simpang Haru Padang itu telah berganti nama menjadi Sekolah Menengah Kejuruan Negeri 2 Padang, lebih dari empat belas tahun lalu.


Fakta ini pun tidak ditampik oleh Kepala SMKN 2 Padang, Drs. Rusmadi, M.Pd, diwakili oleh Wakil Kepala Sekolah Bidang Kurikulum, Drs. Yen Taufik, MM, Jumat pagi (11/5).

“Ketika sekolah ini masih sebagai sekolah kejuruan ekonomi atau dikenal dengan nama SMEA Negeri 1 Padang, memang banyak anak-anak perempuan yang meminati sekolah ini. Sehingga tak mengherankan bila diidentikkan dengan sekolahnya perempuan,” kata Yen Taufik.

Namun sekarang, kata dia, semenjak pergantian nama menjadi SMKN 2 Padang, ditambah lagi dengan penambahan jurusan baru, seperti Teknik Komputer Jaringan, Rekayasa Perangkat Lunak, Usaha Pariwisata dan Perbankan, sekolah tersebut tak hanya diminati kaum perempuan.

“Dengan adanya jurusan baru itu, SMKN 2 Padang yang memberikan layanan pendidikan berorientasi pada pengembangan kecakapan hidup clan kompetensi global bagi seluruh peserta didik, makin diminati oleh pelajar laki-laki, terutama Teknik Komputer Jaringan dan Rekayasa Perangkat Lunak,” kata Yen Taufik, didampingi Wakil Kepala Sekolah Bidang Sarana, Drs. Salmadi.

Secara keseluruhan, kata Yen Taufik, saat ini SMK Negeri 2 Padang memiliki beberapa program keahlian, yaitu Program Keahlian Administrasi, dengan kompetensi keahlian bidang administrasi perkantoran.

Program Keahlian Administrasi ini, kata dia, memiliki jurusan keuangan, dengan Kompetensi Keahlian Akuntansi dan Kompetensi Keahlian Perbankan. Kemudian jurusan Tata Niaga, dengan Kompetensi Keahlian Pemasaran.

Program keahlian lainnya, kata Yen Taufik, adalah Teknik Komputer dan Informatika, dengan jurusan Teknik Komputer dan Jaringan (TKJ) dan Rekayasa Perangkat Lunak (RPL)

Selain itu juga ada program keahlian Multimedia dan Pariwisata dengan Kompetensi Keahlian Usaha Perjalanan Wisata. (feb)


Editor :  Febriansyah Fahlevi

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru