oleh



SSB Balai Baru, Cetak Pemain Tidak Hanya Teknis Juga Mentalitas

Padang, Metrans-Sejak dulu, Padang dikenal sebagai salah satu daerah pembinaan pemain usia dini di Sumbar. Keberadaan Sekolah Sepak Bola (SSB) yang bertebaran di seluruh penjuru Padang menjadi alasan mengapa kota ini selalu melahirkan pemain-pemain bertalenta. Salah satu SSB yang secara kontinyu mencetak pemain-pemain bertalenta adalah Balai Baru.

Semua itu tidak lepas dari komitmen kuat para pengurus serta pelatih SSB ini. SSB yang dibawahi langsung mantan pelatih PPLP Sumbar Muslim K, ini hidup dari dana bantuan orang tua siswa.

Independensi pengelolaan SSB itulah yang membuat SSB Balai Baru berbeda dengan kebanyakan SSB lainnya. Para pelatih di SSB ini bebas berkreasi asal tak keluar dari pakem yang sudah ditentukan. Mereka tidak bisa ditekan siapa pun dan tidak ada satu pun pelatih yang bisa diintervensi.


Hasilnya bisa dilihat sendiri dari capaian dan prestasi mengilap anak didiknya di berbagai ajang berskala lokal, regional, baik secara tim, maupun individu. 

"Alhamdulillah, sampai sejauh ini kami masih konsisten tidak pakai dana dari luar. Meski berat, karena hampir semua biaya kami topang, kami masih mampu. Ini juga tak lepas dari komitmen serta kontribusi orang tua siswa," kata Muslim K.

Muslim dan jajaran pelatih Balai Baru tidak pernah main-main dalam menjalankan pembinaan. Bagi mereka, mencetak pemain dari nol sampai jadi adalah amanah. Itulah mengapa menjadikan pemain hingga benar-benar siap untuk dilepas adalah misi yang mereka tancapkan kuat-kuat.

"Pembinaan yang dilakukan di SSB Balai Baru bukan hanya soal teknis, tapi juga mentalitas serta moralitas. Sedini mungkin, para pelatih menanamkan pada seluruh siswa didik agar berperilaku baik di dalam dan di luar lapangan," terangnya.

Tak hanya perilaku, tapi juga kejujuran serta mengedepankan aturan main. "Jangan sampai tahu salah masih diteruskan. Kalau sejak kecil sudah dibiasakan seperti itu, nanti kalau sudah jadi malah lebih ngawur," ujarnya. (Faisal Budiman)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru