Sumbar Expo, Upaya Membranding Daerah

SUMBAR EXPO – Gubernur Irwan Prayitno di hadapan sejumlah calon investor dan calon mitra usaha di Hotgel Harris, Batam, kemarin.


BATAM (Metrans)

Memamerkan peluang investasi dan peluang bisnis maupun keelokan pariwisata Sumatera Barat tidak cukup hanya di lakukan di daerah sendiri. Pameran atau expo seperti yang dilakukan dalam Sumbar Expo2017 di Batam ini merupakan etalase dari daerah.

“Ini bagian dari promosi dan membranding daerah,” ujar Gubernur Irwan Prayitno kemarin di Batam.


Tahun ini iven tahunan tersebut memang memilih Batam sebagai tempat pameran setelah tahun sebelumnya di Bandung. Kali ini diikuti berbagai daerah Baupaten/Kota dan UMKM dari Sumatera Barat.

Gubernur melalui jurubicara Pemprov, Jasman Rizal menyebutkan bahwa iven tahunan ini akan memberikan kesan kepada calon nvestor, calon buyer, calon wistawan betapa Sumatera Barat adalah sebuah daerah yang menarik untuk berinvestasi, membeli berbagai produk UMKM dan untuk dijadikan sebagai daftar destinasi bagi paket-paket wisata warga Kepri bahkan Singapura.

Karena itu sejumlah Kepala Daerah Kabupaten/Kota akan berbicara kepada para calon buyer potensial tentang peluang-peluang yang bisa diraih di daerahnya. Bupati Sijunjung Yuswir Arifin misalnya, dijadwalkan akan berpresentasi di iven yang digelar di dataran Engku Putri Batam Center  9 s/d 12 November ini. Selain Yuswir, juga tampil Bupati Syahiran dari Pasbar, Bupati Ali Mukhni daari Padang Pariaman dan Walikota Sawahlunto.

Sektor pertambangan dan perkebunan  akan menjadi ‘jualan’ dari Bupati Sijunjung kepada para peminat di Batam ini.

Acara gelar potensi dan temu usaha itu digelar di  Hotel Harris Batam yang dihadiri calon investor, Bupati/Walikota se Sumbar, Sekda Batam dan para Kepala OPD Sumbar. Dan yang menggembirakan, hadir juga sekitar 50 calon investor dari Malaysia, Singapura, Jawa Timur dan Kepri sendiri.

Menurut Kadis Penanaman Modal dan PTSP  Sumbar, Maswar Dedi, potensi unggulan yang di sampaikan saat acara adalah potensi pariwisata dan energi terbarukan.

“Ini kegiatan promosi produk unggulan kepada calon investor agar mau berinvestasi ke Sumbar, kemudian membantu Kab/Kota untuk mencarikan investor,” ujar Maswar.

Dengan adanya pertemuan ini antara pemerintah dan calon investor ini hendaknya, seperti diungkap Gubernur Irwan Prayitno, jangan ada lagi kepala daerah yang mempersulit masuknya investasi.

Semalam, kawasan di Batam Center itu berubah menjadi ‘kawasan minang’ lantaran banyak umbul-umbul, marawa merah kuning hitam yang sangat ‘mensumaterabarat’berkibar di sekeliling dataran Engku Putri di depan Balaikota Batam.

Sebuah acara kesenian yang digelar di pentas permanen menarik minat warga Batam untuk tumpah ruah ke arena Sumbar Expo 2017 itu. “Lapeh taragak jo kampuang,” kata Syafrizal (55) seorang sopir yang malam tadi sengaja tidak bekerja lantaran ingin menyaksikan kesenian Minang dalam acara pembukaan Sumbar Expo 2017. Apalagi semalam juga sempat tampil Gubernur Irwan Prayitno bersama IP Band nya. (eko)

Editor :  Raihan Al Karim

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2017





Facebook Comments