INSPIRASI KELUARGA ISLAMI

Surau TV, Alternatif Pilihan Tontonan Keluarga

Surau TV menjanjikan sajian edukatif dan informatif sesuai syariat Islam.

PADANG (Metrans)

Telah hadir stasiun televisi yang berpusat di Ranah Minang yang pertamakali mengudara di satelit melalui Parabola Palapa D. Channel. Tontonan Surau TV, tak hanya menjangkau seluruh belahan nusantara, tapi juga sampai ke beberapa daerah di luar negeri seperti Australia, Arab saudi, Kuwait, Qatar, Bahrain, Uni Emirat Arab, dan Asia Tenggara.

“Nama Surau TV diambil dari bahasa minang, yang berarti Masjid. Sejalan dengan namanya, Surau TV berupaya menayangkan program-program acara mendidik yang bernuansa pure islami serta selaras denagn falsafah Minangkabau Adat Basandi Syara’, Syara’ Basandi Kitabullah,” jelas General Manager Surau TV Sutan Dafrizal, baru-baru ini pada Metrans, saat dijumpai di kantor Surau TV di Jalan Belanti Barat 6 No 12 Lolong Belanti, Padang.


Media televisi yang menyajikan tontonan-tontonan menghibur dan mendidik namun syar’i ini punya beberapa program kajian Islam interaktif.

Kajian Islam interaktif merupakan program kajian ilmiah yang disajikan secara langsung dan interaktif antara narasumber dengan pemirsa. Para pemirsa, untungnya dalam acara ini, bisa bertanya langsung pada narasumber sesuai kajian yang disampaikan.

Kajian tersebut antara lain: Ruang Keluarga, Sunnah Fajar, Kajian Tauhid, Fiqh Mawaris, Tafsir Alquran, Baraja Mangaji, Dialog Kesehatan, Dialog Publik, Kitabul Jami, Suluah Minang, KUA Menjawab, Dunia Pendidikan Anak, dan lainnya.

“Kita juga menyajikan program-program kreatif yang mencerdaskan. Ada Kato Urang, Kaba Surau, Jeda Islam, Surau Kuliner, Komunitas, Ondeh Spot, Minang Hari Ini, Sosok, Surau Kito dan Murattal Pilihan,” tambah Dafrizal.

Ditegaskan Dafrizal, Surau TV ingin berperan dalam proses pencerdasan umat. “Kami ingin menjadi televisi Islam yang mencerdaskan, penuh hikmah, dan menginspirasi,” selanya.

Surau TV, ke depan, bermisikan menayangkan program-program acara yang berlandaskan AlQuran dan Sunnah sesuai pemahaman Salafus Shalih, menampilkan program-program efektif yang disiarkan secara langsung dan interaktif, menayangkan program acara khusus anak-anak yang mendidik sebagai tontonan alternatif bagi pendidikan anak, dan menayangkan program-program yang membantah keyakinan tahayul, khurafat, dan ibadah yang tidak disyariatkan oleh Rasulullah Shalallahu Alaihi Wasalam yang terserbar di masyarakat.

Sementara, salah seorang penikmat sajian Surau TV, Nedia (32), menyatakan bersyukur mendapat pilihan tontonan seperti yang disajikan Surau TV. “Di dalamnya ada kajian yang menjelaskan hal-hal yang selama ini kita tidak tahu, padahal kita orang Islam. Apalagi Saya ini tadinya Islam KTP, mendapat Islam dari keturunan orang tua. Sekarang, kita menggali ilmunya. Surau TV bisa jadi pilihan tontonan untuk mendapat ilmu Islam yang sesungguhnya. Saya merasa teduh menonton sajian Surau TV. Tontonan remaja di sini juga ada,” kemuka Nedia pada Metrans.

Surau TV, dikatakan GM Dafrizal, berusaha memegang komitmen untuk menghibur dan mendidik umat. Seluruh sajian yang dihadirkan, ditekankan, tidak lepas dari kaidah syari’at Islam. 


Jangan Lewatkan