Tanah Datar Juara Pertama Pembangunan Daerah Tingkat Sumbar Tahun  2018

Wabup Tanah Datar Zuldafri Darma didampingi Kadis Dikbud Abrar, mengangkat bendera O2SN bertanda dimulainya event nasional ini di Kabupaten Tanah Datar.heri


PADANG (Metrans)

Pemerintah kabupaten Tanah Datar kembali raih prestasi, terbukti dengan diterimanya Penghargaan Pembangunan Daerah (PPD) tahun 2018 oleh Wakil Bupati Zuldafri Darma yang diserahkan langsung Gubernur Sumbar Irwan Prayitno, di Hotel Pangeran’s Beach, Selasa (10/4).

Wakil Bupati Zuldafri Darma atas prestasi sebagai pimpinan daerah sampaikan ucapkan terima kasih, kepada seluruh OPD, terkait prestasi sebagai kabupaten terbaik dalam realisasi pembangunan daerah tingkat sumbar.


“Untuk itu kepada seluruh OPD kecamatan dan perangkat nagari se kabupaten tanah datar saya ucapkan terima kasih atas kerja sama dan kerja kerasnya,” katanya.

Kepada instansi terkait, wabup juga mengingatkan untuk bisa mempertahankan kinerjanya dan kemudian untuk lebih baiknya kita perlu menginterventarisasi seluruh potensi yang ada dan berikut dengan solusinya, sebab dokumen sangat menentukan sekali terhadap keberhasilan realisasi pembangunan dimasa yang akan datang.

Sementara itu, Kepala Badan Perencanaan, Penelitian dan Pengembangan (Baperlitbang) Tanah Datar, Alfian Jamrah ungkapkan, penghargaan PPD tahun 2018 yang diterima ini yaitu atas penilaian penyusunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (RKPD) dan capaian hasil pembangunan tahun sebelumnya. Proses penyusunan RKPD tersebut meliputi bottom up, top down, partisipatif, teknokratik dan politis. Kemudian juga menggunakan prinsip tematik, holistik, integtatik dan spasial.

Alfian menambahkan, berdasarkan surat Bappeda Sumbar Nomor : 050/181/lll/Set/Bappeda-2018 tanggal 22 Maret 2018 untuk kategori kabupaten adalah kabupaten Tanah Datar masuk Finalis Sumbar bersama kabupaten Padang Pariaman, Solok Selatan, Agam dan 50 Kota.

Selanjutnya, bagi kabupaten terbaik akan diutus ke tingkat pusat untuk lomba Nasional dengan dua tahap yaitu penilaian dokumen dan presentasi di Bappenas, ungkapnya.

“Alhamdulillah kabupaten Tanah Datar meraih peringkat pertama, untuk itu kami akan melakukan persiapan kembali untuk penilaian tingkat pusat,” pungkasnya.

Sementara itu kabupaten kota yang ikut menerima Penghargaan PPD tingkat Sumbar tahun 2018 yaitu kelompok kabupaten juara 2 kabupaten Solok Selatan, juara 3 kabupaten Padang Pariaman, harapan 1 kabupaten 50 kota, harapan 2 kabupaten Agam.

Selanjutnya kelompok Kota yaitu kota juara 1 Sawahlunto, juara 2 Kota Payakumbuh, juara 3 kota Padang dan harapan 1 kota Solok. (eri)

Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2017





Facebook Comments