oleh

SEBELUM KORBAN BERTAMBAH

Taufik Hidayat Desak Pemko Padang Segera Fungsikan Lampu Jalan Sepanjang Bypass

PADANG (Metrans)
Anggota DPRD Sumbar asal daerah pemilihan (dapil) Padang, Taufik Hidayat mendesak Pemerintah Kota (Pemko) Padang untuk segera memfungsikan lampu jalan sepanjang jalur dua Bypass Padang, karena kewenangan untuk menyediakan penerangan jalan ada di tangan Pemko Padang.

"Kita desak supaya Pemko Padang segera menerangi jalan Bypass. Sudah banyak keluhan dari masyarakat, baik kecelakaan maupun tindak kejahatan yang terjadi disana. Jangan sampai menunggu korban lebih banyak lagi. Untuk itu, Pemko Padang harus menuntaskan persoalan lampu jalan ini," kata Taufik Hidayat, Senin (4/6) di Padang.

Politisi Partai Hanura itu mengatakan, dalam pembangunan jalur dua Bypass telah ada pembagian tugas seperti pembebasan lahan merupakan tanggung jawab pemko, sementara pembangunan jalan dan penyempurnaan jalan menjadi tanggung jawab pusat bersama provinsi. 


"Sedangkan lampu penerangan jalan merupakan bagian Pemko Padang menyediakannya," tutur Taufik.

Ia mengatakan, penduduk Kota Padang telah memenuhi kewajibannya dalam membayar uang penerangan jalan umum yang langsung dipungut melalui pembayaran rekening listrik pelanggan. Uang itu, lanjut dia, mengalir ke kas daerah, jadi sudah seharusnya Pemko Padang menyediakan fasilitas lampu jalan yang memadai bagi masyarakat.

Pasalnya, ujar Taufik lagi, jalur dua Bypass sudah seharusnya dilengkapi dengan lampu penerangan jalan yang memadai, karena selain meminimalkan kecelakaan lalu lintas juga mengantisipasi terjadinya tindak kejahatan. Padahal jalur tersebut merupakan akses masuk ke kota berpenduduk sekitar 900 ribu jiwa. 

Selain itu, tambah dia, jalur ini juga menghubungkan Pelabuhan Teluk Bayur menuju Bandara Internasional Minangkabau di Kabupaten Padang Pariaman. 

"Saya pikir ini harus segera dikerjakan, karena berdampak bagi keselamatan masyarakat yang menggunakan jalur itu," ujar Taufik.

Ketika disampaikan bahwa Pemko Padang saat ini masih menunggu keputusan dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat terkait lampu penerangan jalan Bypass yang belum menyala, serta Pemko masih menunggu pelimpahan kewenangan dari Balai Besar Jalan.

Menjawab itu, Taufik menyatakan, meski demikian sebenarnya Pemko Padang  telah diberi sinyal terkait penanganan pekerjaan di jalur tersebut, akan tetapi keputusannya belum turun.

"Sebagai pemerintah, Pemko Padang harus jemput bola untuk menyelesaikan administrasi pelimpahan wewenang itu. Jangan biar terlebih dahulu banyak memakan korban baru difungsikan. Yang akan merasakan akibatnya tetap saja masyarakat Padang," kata Taufik. (pep).


Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru