oleh

UNTUK BANTU NELAYAN MELAUT

Taufik Hidayat Minta Pemprov Sumbar Bersinergi dengan Fakultas Teknik UNP

PADANG (Metrans)
Anggota DPRD Sumbar daerah pemilihan (Dapil) Padang, Taufik Hidayat meminta Pemerintah Daerah melalui Balitbang bersinergi dengan Jurusan Teknik Elektro Fakultas Teknik (FT) Universitas Negeri Padang (UNP) dalam mengembangkan solar sell, karena bahan bakar ini sangat irit dan membantu nelayan dalam melaut. 

"Bahan bakar ini, sedang dikembangkan oleh FT UNP, kita berharap Balitbang dapat bersinergi dalam hal pengembangan, sehingga para nelayan dapat menggunakan bahan bakar ini," ujar Taufik saat melakukan pertemuan dengan ketua kelompok nelayan Passia Nan Tigo bersama perangkat FT UNP yang tengah mensosialisasikan bahan bakar ini, Rabu (12/9).

Sekretaris Komisi IV DPRD Sumbar ini mengungkapkan, salah satu persoalan nelayan khususnya di Pasia Nan Tigo adalah bahan bakar. Selain harga yang mahal, sulit didapatkan, juga penggunaan yang cukup banyak. Dengan adanya hal ini, diharapkan nelayan bisa melakukan efesiensi penggunaan bahan bakar serta dapat menekan biaya operasional. 


"Kita mendorong pemerintah daerah bisa bekerjasama dengan FT UNP untuk pengembangan hasil penelitian ini. Kemudian Dinas ESDM Sumbar dan Dinas Kelautan Perikanan supaya dapat mendorong nelayan bisa memakai hasil penelitian ini," kata politisi Partai Hanura ini.

Ketua kelompok pengabdian masyarakat dari Teknik Elektro, FT UNP, Juli Sardi menyebutkan kelompoknya lebih ke bagian penerangan di kapal nelayan. Sardi menyebutkan dengan pemasangan solar sell pada kapal nelayan ini diyakini dapat menekan pengeluaran nelayan saat melaut. Pertama penggunaan bahan bakar untuk penerangan dan motor penggerak pengangkat jaring. 

"Bahan bakar sulit didapatkan nelayan. Lalu juga mahal. Hasil tangkapan belum tentu banyak. Makanya efisiensi mesti dilakukan nelayan. Dengan sola sell, penggunaan bahan bakar bakal berkurang," kata Sardi.

Disampaikanya, penjajakan dan konsep pemasangan telah dibicarakan. Untuk tahap ini bisa sampai empat kapal nelayan yang dipasangkan solar sell ini.  Untuk ketahanan alat ini, diyakini bisa bertahan bertahun-tahun. "Pengabdian masyarakat ini diharapkan mengena dan tepat sasaran. Serta memiliki dampak yang baik untuk kesejahteraan nelayan," katanya.

Marzuki salah seorang ketua kelompok nelayan di Pasia Nan Tigo memberikan apresiasi yang besar. Dia tak menampik program ini akan membantu nelayan. Selama ini diakuinya pengeluaran yang besar ketika melaut adalah bahan bakar. Padahal hasil tangkapan belum bisa dipastikan. Tapi untuk penggunaan bahan bakar akan tetap sama.

"Jika biaya bahan bakar bisa ditekan atau dihemat, akan sangat membantu kita. Artinya modal untuk melaut bisa berkurang," katanya.(pep)


Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru