oleh

ANGGOTA DPRD SUMBAR GERAH
Taufik Hidayat Pertanyakan Bantuan Alat Tangkap Ikan Nelayan

PADANG (Metrans)

Anggota DPRD Sumbar asal daerah pemilihan (Dapil) Kota Padang, Taufik Hidayat  mempertanyakan bantuan alat tangkap nelayan yang diberikan kepada nelayan jaring Kota Padang. Pasalnya, alat tangkap yang diberikan masih tradisional dan tidak banyak menunjang kemampuan nelayan mendapatkan ikan.

"Saya heran, bantuan yang diberikan masih tradisional. Kesejahteraan atau taraf hidup nelayan akan sulit meningkat," kata Taufik  Hidayat kepada Metrans, Senin (5/3).


Politisi Partai Hanura itu mengatakan, bantuan alat tangkap yang diterima oleh nelayan jaring Kota Padang masih berupa mesin robin. Karena alat tangkap yang ada itu masih tradisional, hasil tangkapan mereka juga tidak bisa mensejahterakan nelayan.

Ditambahkannya, kelayakan alat tangkap nelayan mesti mendapat perhatian agar hasil tangkap mereka maksimal. Kemudian potensi kekakayaan laut yang dimiliki juga bisa dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Menurutnya, Pemko Padang maupun Pemprov Sumbar masih belum menjadikan sumber kekayaan laut sebagai pendorong pertumbuhan ekonomi nelayan. Padahal untuk meningkatkan taraf hidup mereka, pemerintah harusnya memodernisasi alat tangkap nelayan, dan mengarahkan anak-anak nelayan bisa menempuh pendidikan di sekolah tinggi ilmu perikanan.

"Saat anak-anak nelayan bisa bersekolah yang berhubungan dengan perikanan, mereka akan melakukan lompatan berfikir dalam mengolah kekayaan laut. Tapi sayangnya saat ini tingkat SDM yang ada masih rendah," paparnya.

Ia bertekad mendorong peningkatan kesejahteraan nelayan Kota Padang. Dikatakannya, nelayan tidak pantas menjadi masyarakat miskin karena potensi laut yang dimiliki Sumbar sangatlah besar.

"Saat ini nelayan belum bisa menggarap potensi yang ada karena keterbatasan alat tangkap serta SDM. Kita akan memberi  perhatian khusus untuk ini," katanya.(pep)


Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru