oleh



Tekan Kenaikan Harga Sembako, Pessel Gandeng TTIC

PAINAN (Metrans)

Guna menekan kenaikan harga kebutuhan pokok itu, Pemerintah Kabupaten Pesisir Selatan, melalui Dinas Pangan bekerjasama dengan Dinas Pangan Provinsi Sumatera Barat (Sumbar) melalui Tokoh Tani Indonesia Center (TTIC), dengan menggelar Operasi Pasar, di Pasar Impres Painan, Kamis (16/5).

Dalam bulan suci Ramadan atau menjelang Hari Raya Idul Fitri, hal yang tidak bisa dipungkiri jika harga kebutuhan pokok melambung naik bila dibandingkan dari hari biasanya.


Kepala Dinas Pangan Kabupaten Pesisir Selatan, Alfis Basyir didampingi Kabid Ketersediaan dan Distribusi Pangan, Afrimal Julta mengatakan, operasi pasar ini dilakukan guna membantu masyarakat dalam memenuhi kebutuhan pokoknya.

Diketahui, bahwasanya pada bulan puasa kebutuhan harga pokok ini melambung naik bila dibandingkan dari hari biasanya.

“Maka dari itu, guna menekan kenaikan kebutuhan harga pokok ini kami menggelar operasi pasar yang bekerja dengan Dinas Pangan Provinsi ,”kata Alfis.

Alfis menyampaikan, bahwa pelaksanaan operasi pasar tersebut direncanakan di dua Kecamatan yaitu Kecamatan Bayang dan Kecamatan IV Jurai.

Ada pun kebutuhan pokok yang disediakan dalam operasi pasar itu adalah minyak goreng ukuran 2 kg dengan harga Rp21000, Bawang Merah Rp 26000/kg, Kentang Rp 8000/kg, Cabai Rp 23000/kg, Gula Rose Bloud Rp13000kg, Kacang Tanah Rp 24000/kg, Petai Rp2500/papan, Bawang Putih Rp 32000/kg, dan Beras empat dua Rp8800/kg, nya.

“Melihat antusiasnya masyarakat dalam berburu memenuhi kebutuhan pokoknya dengan harga distributor sehingga semua yang disediakan habis semuanya,” ungkapnya.

Ia menambahkan, operasi pasar ini tidak hanya disini saja tapi juga direncanakan di Kecamatan yang lainnya.

”Kita akan datang ke Provinsi Sumatera Barat dan meminta agar operasi pasar ini kembali kita gelar dengan mencari pasar yang lainnya dan pada tanggal 29 Mei mendatang di rumah Dinas Bupati,” tutupnya.

Misda yanti, salah seorang warga Carocok Painan saat membeli mengungkapkan merasa senang dengan adanya operasi pasar tersebut. Dan dirinya merasa terbantu begitu juga masyarakat lainnya kerana barang yang disediakan lebih pemerintah daerah lebih murah dari harga pasaran.

“Iko rancak bana ma (ini bagus sekali) dengan adanya operasi pasar ini kami menjadi terbantu karena harga pasaran agak mahal,” akuinya.(mil)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru