29 Okt 2017 | 16:17:03 WIB
Pewarta : Wahyu Amuk



Tiga BUMN Serahkan Beasiswa untuk Mahasiswa UNP

Tiga BUMN Serahkan Beasiswa untuk Mahasiswa UNP

SERAHKAN- Dirut IPC, didampingi Dirut Bulog, Dirut HIN, saat menyerahkan serahkan cinderamata BUMN ke Rektor UNP didamping wakil rector, Sabtu (28/10).


PADANG (Metrans)

Dalam rangka Peringatan Hari Sumpah Pemuda (HSP) 2017, Sejumlah Badan Usaha Milik Negara (BUMN) hadir diberbagai kampus di Indonesia. Salah satu kampus yang dihadiri BUMN yakni Universitas Negeri Padang (UNP) dari sekian banyak kampus yang ada di wilayah Sumatera Barat (Sumbar).

Kehadiran BUMN di UNP bukan hanya memotivasi generasi muda Sumbar, khususnya civitas akademika UNP dalam HSP 2017. BUMN hadir sekaligus memberikan bantuan beasiswa pendidikan untuk mahasiswa UNP, yang kurang mampu tetapi berprestasi di bidang akademik.


Adapun BUMN yang memberikan beasiswa pada acara bertemakan “Membangun Ekonomi Indonesia Berkeadilan” tersebut yakni, PT. Pelindo II atau Indonesia Port Corporation (IPC) Rp150 juta, PT Hotel Indonesia Natour (HIN) Rp50 juta, dan Perum Bulog Rp150 juta, serta bantuan sarana pendidikan lainnya.

“Kita berterima kasih pada BUMN yang sudah memberikan bantuan beasiswa untuk UNP, khususnya untuk mahasiswa bidikmisi. Selain dalam bentuk uang, juga berbagai sarana dan prasarana, seperti kelas-kelas bertaraf internasional nantinya,” ungkap Rektor UNP, Prof.Ganefri,Ph.D, usai kegiatan di Gedung Pusat Pelatihan Perhotelan UNP, Sabtu (28/10).

Lebih lanjut Ganefri menjelaskan, bahwa UNP akan berusaha melakukan kerjasama berkelanjutan. Katanya bukan hanya dalam bentuk beasiswa, tetapi juga dalam rangka penempatan tenaga kerja lulusan UNP ke depan. Ia sangat berharap, kehadiran BUMN ke UNP ini bisa dimanfaatkan secara positif bagi mahasiswa UNP.

“Dipilihnya UNP oleh BUMN ini karena adanya komunikasi yang baik saja, semoga hal seperti ini berlanjut. Ke depan kita juga ingin menghadirkan menteri BUMN, dan perusahaan BUMN yang lain di UNP,” ujarnya.

Sebelumnya penyerahan bantuan beasiswa itu, tiga Dirut BUMN yang hadir, yakni Dirut IPC, Elvyn G Massasya, Dirut HIN Iswandi Sa’id, dan Dirut Bulog, Djarot Kusumayakti menososialiasikan terkait BUMN secara bergantian. Kemudian, acara juga diselingi dengan bagi-bagi hadiah, berupa smartphone dan uang tunai bagi mahasiswa.

Pada saat itu, Dirut IPC, Elvyn G Massasya menyatakan kegiatan “BUMN Hadir di Kampus” ini merupakan acara terbesar digelar BUMN di tahun 2017. Kegiatan ini dalam rangka sosialisasi, memotivasi, dan sekaligus menjaring generasi muda berprestasi untuk BUMN ke depan.

Terkait bantuan pendidikan, selain beasiswa pihaknya juga akan memberikan bantuan berupa pembuatan kelas desain khusus dengan fasilitas lebih modern. Salah satunya kelas pelabuhan yang akan diberi nama Kelas IPC. Semuanya dengan tujuan untuk menunjang proses pembelajaran, sesuai kebutuhan industri saat ini.

“Kita dari IPC dan BUMN lainnya sangat peduli pendidikan, terutama untuk membentuk generasi muda yang tangguh dan mandiri. Jadi, bagi lulusan UNP jangan takut tidak kerja, sebab ada 141 BUMN di 13 sektor yang siap menampung nantinya,” sebut Elvyn.

Sementara Dirut HIN Iswandi Sa’id, memaparkan BUMN terus menjadi penggerak roda dan pilar pemerintah dalam bentuk program pembangunan nasional. Keberadaan BUMN dikatakannya untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang berkeadilan, mandiri, berdaulat, adil, dan makmur.

“BUMN memang mencari keuntungan dan meningkatkan nilai investasi, juga berperan memberikan kesejahteraan bagi masyarakat, baik melalui pemberdayaan, konektivitas, infrastruktur, ketahanan pangan, dan lainnya,” jelasnya di hadapan ribuan mahasiswa. (why)

Editor :  Raihan Al Karim

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2017





Write a Facebook Comment

Tuliskan Komentar anda dari account Facebook