DISERBU PENCARI KERJA

UBH Padang Gelar Job Fair Gratis

SIBUK- Terlihat pencari kerja sibuk memasukkan lamaran di beberapa perusahaan yang tersedia. (wahyu)

PADANG (Metrans)
Demi membantu lulusannya, Universitas Bung Hatta (UBH) menggelar Job Fair dengan puluhan perusahaan dan instansi. Job Fair gratis ini yang keduakalinya diadakan oleh Career Development Center (CDC) UBH. Pernyataan itu disampaikan oleh Ketua Panitia, Iman Satria, S.T., M.T., disela-sela kegiatan Job Fair, Kamis (23/17) lalu.

Dosen di Fakultas Teknik Industri (FTI) ini berpendapat kegiatan Job Fair ini tujuan utamanya memfasilitasi lulusan UBH dalam mencari kerja. Menurutnya kegiatan ini sebagai motivasi bagi mahasiswa untuk mempersiapkan diri sebelum lulus. Selain itu, kegiatan ini juga bentuk kerjasama dalam memperkenalkan UBH dengan perusahaan.

“Ini program rutin CDC, bukan hanya untuk lulusan UBH saja, tapi untuk umum. Job Fair ini juga sekaligus promosi dunia kerja, selama tiga hari, dari Kamis sampai Sabtu 25 Februari,” ungkapnya.


Iman yang juga dipercaya sebagai Sekjen Persatuan Insinyur Indonesia (PII) Sumatera Barat ini mengatakan, Job Fair kali ini mengalami peningkatan dibanding tahun sebelumnya. Iman juga menyebutkan tahun ini UBH menggandeng beberapa asosiasi, seperti PII, dan K3. Menurutnya asosiasi ini sebagai salah satu cara meningkatkan nilai jual lulusan.

“Kegiatan ini kita dibantu UKM di masing-masing stand, jadi mahasiswa bisa menjalin hubungan baik untuk kerjasama diberbagai ivent nantinya. Sekaligus mahasiswa juga bisa mendaftar di asosiasi untuk menambah kompetensi,” katanya. 

Presiden Mahasiswa, Kasmadi mengungkapkan keterlibatan mahasiswa dalam kegiatan ini hanya sebatas mengawasi, menjaga, dan memberi arahan kepada pencari kerja. Selain itu mahasiswa jurusan Sastra Jepang ini mengaku sangat senang dilibatkan oleh pihak kampus dalam kegiatan ini.

“Kami dari mahasiswa ada 50 orang yang terlibat. Selain menambah pengalaman tentang dunia kerja, juga bisa membina hubungan baik dengan berbagai perushaan,” ucapnya.

Sementara dipihak pencari kerja, Sisca (23) mengaku sangat tertarik dengan adanya Job Fair gratis ini. Lulusan Ilmu Ekonomi Universitas Andalas (Unand) menilai Job Fair yang diadakan UBH ini menyediakan berbagai bidang pekerjaan di perusahaan besar. Sisca  pun berharap bisa mendapatkan pekerjaan yang sesuai yang diinginkan pada Job Fair kali ini. 

“Saya baru tamat, jadi belum ada pengalaman kerja selain magang ketika kuliah. Mudah-mudahan bisa diterima, karena saya melihat banyak yang linear dengan jurusan saya,” paparnya. 

Sebaliknya, Widra Sentosa, lulusan Teknik Elektro Universitas Negeri Padang (UNP) menyatakan tidak begitu berharap bisa diterima kerja melalui Job Fair ini. Ia menilai perusahaan pada Job Fair selama ini tidak selalu menerima karyawan, tapi hanya sekedar promosi sekaligus survei tentang minat pencari kerja ke perusahaan yang bersangkutan.

“Ini mumpung gratis saja, sebab saya melihat disitusnya hanya empat perusahaan yang buka lowongan, selebihnya tidak” sebut pria asal Jambi ini. (why)

 


Jangan Lewatkan