oleh

KERJASAMA DENGAN PEMKO

UNP akan Dirikan Kampus di Kota Sawahlunto

PADANG (Metrans)

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Dr. Ganefri, Ph.D., akan mendirikan kampus cabang UNP di daerah Sawahlunto. Menurut rektor UNP ini bahwa Akademi Komunitas yang berdiri sejak tahun 2013 yang lalu, sebagai cikal-bakal untuk pendirian kampus cabang UNP di Sawahlunto nantinya.

“Kita sudah bekerjasama sejak lama dengan Sawahlunto. Jadi ke depannya UNP dan Pemerintah Kota (Pemko) Sawahlunto tetap bersinergi, salah satunya untuk mendirikan kampus Politeknik UNP,” kata Ganefri usai pelantikan wisudawan periode ke 108 di Gelanggang Olah Raga (GOR) UNP, Minggu (26/3) siang.


Walikota (Wako) Sawahlunto, Ali Yusuf, S.Pt., menyambut baik langkah rektor UNP tersebut. Ali menegaskan Sawahlunto sudah menyediakan lahan untuk pembangunan kampus UNP ini. Wako Sawahlunto ini juga menyebutkan bahwa Sawahlunto memiliki tanah sebanyak 393 hektar di kawasan Kandi, untuk pusat perkantoran, pendidikan, pariwisata, dan olahraga.

Lebih lanjut Ali menyampaikan, sejak tahun 2004 Pemko Sawahlunto juga sudah menghibahkan tanah PT Bukit Asam (PTBA) ke instansi vertikal, seperti Walinagari, Polres, Kemenag, BNN, dan lapas narkoba. Selain itu, Ali juga menambahkan bahwa daerah Sawahlunto telah memiliki gedung Polres terbaik dan permanen di Sumatera, serta memiliki tempat pacuan kuda terbesar di Indonesia.

“Kita memang sudah menyediakan lahan untuk pembangunan, termasuk pendidikan. Kalau untuk kampus UNP kami sediakan sesuai yang dibutuhkan rektor,” ungkap Ali di ruang Fakultas Ilmu Keolahragaan (FIK) UNP.

Terkait alternatif fakultas yang akan dibangun, Wako Sawahlunto ini mengatakan sesuai kebutuhan, dan prospek wilayahnya. Menurut Ali, karena Sawahlunto merupakan bekas tambang sekaligus kawasan wisata, kemungkinan akan dibangun fakultas teknik, dan pariwisata. Hal ini karena Ali berpendapat bahwa jurusan D3 Tambang di UNP sudah 12 tahun bekerjasama dengan Akademi Komunitas D3 Politeknik Sawahlunto.

Ali berharap dengan berdirinya kampus UNP di Sawahlunto nanti, akan memberi efek positif untuk meningkatkan Sumber Daya Manusia (SDM) masyarakat Sawahlunto ke depannya. Peningkatan SDM ini menurut Ali juga diharapkan menggerak roda ekonomi masyarakat Sawahlunto, terutama di bidang pendidikan dan pariwisata. Demi komitmen kerjasama ini, Ali pun siap kapanpun rektor UNP ingin melakukan MoU.

“Sejak tahun 2016 Sawahlunto memiliki angka kemiskinan terendah kedua di Indonesia sebesar 2,2 persen. Kini Kota Sawahlunto bagian daerah Sumbar ekonominya yang sudah mulai diperhitungkan,” ucapnya. (why)


Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru