oleh



UNP Tengah Siapkan Pendidikan Vokasi Sesuai Kebutuhan Dunia Kerja

PADANG (Metrans)

Rektor Universitas Negeri Padang (UNP), Prof. Ganefri, Ph.D., mengatakan bahwa pendidikan vokasi merupakan langkah yang tepat untuk menyiapkan sumber daya manusia (SDM) siap kerja menghadapi globalisasi.

Ia mengungkapkan, bahwa saat ini UNP juga tengah berpacu menyiapkan lulusan vokasi sesuai kebutuhan dunia industri dan ketenagakerjaan. Selain itu, ia katakan UNP juga melakukan berbagai upaya untuk menguatkan kerja sama dengan berbagai pihak.


“Program Pendidikan Vokasi bagi UNP sudah mendesak untuk menyesuaikan deangn kebutuhan lapangan kerja, kita terus berpacu, sekaligus juga menjalin kerja sama,” ujar Ganefri saat pembukaan Lomba Kompetensi Siswa Tingkat Sumatera Barat di Hotel Axana, baru-baru ini.

Kompetisi Lomba Kompetensi Siswa (LKS) tahunan antar siswa pada jenjang SMK ini sesuai bidang keahlian yang diajarkan pada SMK peserta. Selain itu, LKS ini setara dengan Olimpiade Sains Nasional (OSN) yang digelar di SMP atau SMA.

Adapun siswa yang mengikuti LKS merupakan siswa yang telah lolos seleksi tingkat kabupaten dan kota. Nantinya, pemenang LKS antar kabupaten dan kota ini juga akan mewakili Sumbar ke LKS Tingkat Nasional.

"Semoga LKS Tingkat Provinsi berjalan lancar hendaknya sampai 12 Maret mendatang, dan bagi yang menjadi juara nanti menjadi kebangaan Sumbar pada LKS Tingkat Nasional," ujar Rektor UNP ini.

LKS SMK Tahun 2018 ini dibuka langsung oleh Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Sumbar, Drs. Burhasman, MM., yang juga dihadiri pejabat eselon III di lingkungan Dinas Pendidikan serta kepala SMK se-Sumbar.

Burhasman dalam sambutanya menyampaikan, penyelenggaraan LKS tahun ini sebagai bentuk seleksi mencari duta Sumbar untuk mengikuti LKS Tingkat Nasional tahun ini. Selain itu, katanya juga untuk mengukur kualitas dan kompetensi siswa SMK di Sumbar.

“Materi LKS yang diberikan kali ini memiliki bobot yang sama dengan tahun lalu. Jadi LKS ini untuk menguji kemampuan siswa SMK, baik untuk dunia kerja maupun persiapan melanjutkan ke perguruan tinggi,” ungkap Kadisdik Sumbar saat itu. (why)


Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru