oleh

DIISI BERBAGAI KEGIATAN

Untuk Pertama Kali, Pasbar Gelar "Car Free Day"

SIMPANG EMPAT (Metrans)

Pemerintah Kabupaten Pasaman Barat (Pasbar) untuk pertama kali menggelar hari bebas kendaraan atau Car Free Day mulai dari Simpang Rumah Sakit Yarsi sampai jalan jalur 32 Pasaman Baru, Minggu (29/1).

Ratusan warga telihat ikut meramaikan hari Car Free Day tersebut. Selain itu juga terlihat jejeran pondok dan tenda ikut menggelar aneka makanan dan minuman.


"Benar, ini untuk yang pertama sekali dalam rangka memberikan keleluasaan dan pelayanan kepada masyarakat yang bebas dari kendaraan," kata Bupati Pasaman Barat, Syahiran didampingi Sekretaris Daerah, Manus Handri.

Ia mengatakan Car Free Day itu diisi dengan berbagai kegiatan seperti senam pagi, jalan sehat, bazar, pasar kuliner, kampanye anti narkoba, pertunjukan kesenian, olah raga serta pelayanan yang akan dilakukan oleh Satuan Organisasi Perangkat Daerah (SOPD).

"Pelayanan kepada masyarakat dari SOPD seperti pelayanan pada Dinas Catatan Sipil dan Kependudukan juga digelar dalam kegiatan Car Free Day tersebut," katanya.

Ia mengimbau masyarakat Pasaman Barat agar bisa memanfaatkan Car Free Day tersebut dengan baik.

Manfaatkan kegiatan yang diselenggarakan untuk berolahraga, melakukan refresing bersama keluarga di akhir pekan. Sehingga tiba masanya di awal pekan bekerja akan bersemangat kembali.

"Kegiatan Car Free Day inikan sudah ada daerah lain yang menyelenggarakan. Banyak manfaat positif yang bisa kita ambil. Selain itu, kita bisa mensosialisasikan program pemerintah sekalian," katanya.

Sekda Pasaman Barat, Manus Handri menambahkan manfaat Car Free Day ini juga bertujuan agar masyarakat memperoleh udara segar tanpa asap kendaraan atau bebas polusi udara, mengurangi emisi, menjaga lingkungan dalam aktifitas.

Ia menjelaskan hari bebas kendaraan bermotor itu sebenarnya sudah dimulai dengan penyelenggaraan senam pada setiap hari Minggu di halaman kantor Bupati Pasaman Barat.

Selain senam, ada juga pedagang makanan yang berjualan di sepanjang jalan.

"Makanya, kita rancang Car Free Day dengan konsep yang jelas dan menyatu dengan program-program yang ada di SOPD," kata dia. (alt)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru