Wahyu Iramana Putra: Dewan Koperasi Jangan Hilang di Sumbar

Wahyu Iramana Putra

PADANG (Metrans)

Wakil Ketua Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Padang, Wahyu Iramana Putra, menegaskan agar dewan koperasi jangan sampai hilang di Sumatera Barat, dalam konteks ini di Kota Padang.

“Kalau dewan koperasi hilang di Sumbar, malu kita! Bapak Koperasi kita adalah orang Minang,” kata dia di sela-sela kegiatan pelantikan pengurus Dewan Koperasi Indonesia Daerah (Dekopinda) Kota Padang, baru-baru ini.


Menurut kader partai Golkar ini, keberadaan Dekopinda mutlak penting, ini juga karena mengingat fungsinya dalam melakukan edukasi dan advokasi terhadap koperasi-koperasi yang ada di Kota Padang.

Sebanyak 729 koperasi yang ada di Kota Padang, menurut Wahyu, tentu selalu membutuhkan pembinaan dan pengkaderan yang berkesinambungan, demi maju dan berkembang koperasi yang dijalankan.

“Kita mendengar koperasi di Jepang, bisa kumpulkan dana sampai Rp63 triliun. Kita juga dengan koperasi di Singapura, bisa kumpulkan sampai Rp40 triliun. Kenapa kita di Padang tidak bisa melakukan?” kata Wahyu optimis.

Wahyu menyatakan, persoalan koperasi di Kota Padang salah satu adalah permodalan.

“Modalnya dapat, sesudah itu mereka tidak bisa membayar bagaimana untuk barang mereka diproduksi. Tidak dapat uang sekaligus.Saya membayangkan koperasi di Kota Padang ada yang besar. Penggerak ekonomi bangkit melalui koperasi-koperasi,” ujarnya.

Wahyu yang saat itu juga dilantik sebagai Ketua Dekopinda Kota Padang, menyampaikan pemikiran, agar masyarakat bisa membentuk dan menggerakan koperasi di lingkungan terdekat mereka.

“Misalnya bentuk koperasi market warga kelurahan yang bisa jadi wadah masyarakat lingkungan tersebut. Untuk jual beli, tidak usah jauh ke pasar. Bisa di koperasi lingkungan itu,” sarannya. (yeyen)


Jangan Lewatkan