Tingkatkan Inovasi Administrasi dan Pendidikan, Pemkab Tanah Datar Teken MoU dengan LAN

Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi bersama Sekretaris Utama LAN RI Sri Hadiati teken MOU peningkatan Inovasi administrasi dan pendidikan.

Jakarta (Metrans)

Pemerintah Kabupaten Tanah Datar menjalin kerjasama dengan Lembaga Administrasi Negara Republik Indonesia (LAN RI), ditandai dengan penandatanganan Nota Kesepahaman antara Bupati Tanah Datar Irdinansyah Tarmizi dan Kepala LAN RI Adi Suryanto di Ruang Sidang Pertemuan setempat Jakarta, Senin (30/04).

Penandatanganan Nota Kesepahaman ini akan menjadi landasan hukum bagi kerjasama yang lebih luas antara kedua pihak dalam hal kajian kebijakan, pelatihan dan pengembangan kompetensi inovasi administrasi negara.


Selain itu juga menjadi sarana pendidikan tinggi guna mendorong terwujudnya pembangunan yang inovatif dan mendukung pencapaian visi dan misi Bupati dan Wakil Bupati Tanah Datar tahun 2016-2021

Bupati Irdinansyah mengatakan,  kerjasama tersebut dalam rangka memantapkan inovasi daerah atau pembaruan dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah sebagai implementasi Pasal 390 Undang-Undang (UU) Nomor 23 Tahun 2014 tentang Pemerintahan Daerah sebagaimana diubah dengan UU Nomor 9 Tahun 2015 dan Peraturan Pemerintah (PP) Nomor 38 Tahun 2017 tentang Inovasi Daerah.

Lanjutnya, sesuai dengan Peraturan Presiden Nomor 57 Tahun 2013 tentang Lembaga Administrasi Negara, LAN merupakan lembaga pemerintah yang salah satu tugasnya adalah untuk pengembangan inovasi administrasi negara di bidang tata pemerintahan, pelayanan publik, serta kelembagaan dan sumber daya aparatur.

"Atas dasar itulah, Pemkab Tanah Datar menggandeng LAN," ucapnya. 

Bupati menambahkan, khususnya Pemda selaku pelayanan masyarakat dituntut untuk ada inovasi-inovasi yang akan mempermudah dan mempercepat pelayanan masyarakat.

“Nah sekarang bisa disebut serba IT maka Pemda Tanah Datar mau tidak mau harus mengikuti, karena kalau tidak, akan tertinggal,” ucapnya. 

Dikatakan, selama ini Pemda sudah ada inovasi yang dilakukan diantaranya  oleh Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil yaitu Oase Sahabat Hati, Alhamdulillah masuk top 99 Inovasi Pelayanan Publik tahun 2017 yang diserahkan oleh Kemenpan RB. 

“Walaupun telah ada inovasi yang di lakukan, namun kami berharap, semoga dengan dilakukan MoU dengan LAN RI ini bisa tertata, terbimbing dan terbina untuk menemukan inovasi yang baru lagi," harap bupati mengakhiri sambutanya.

Sementara Kepala LAN RI diwakili Sekretaris Utama Sri Hadiati mengatakan penandatanganan Nota Kesepahaman ini merupakan kloter pertama di tahun 2018 yang dilakukan oleh LAN RI dengan Pemerintah Daerah.

Dia mengapresiasi para kepala daerah yang hadir yang menandakan komitmen yang tinggi dari kepala daerah untuk melakukan perubahan dan berinovasi.

Sri juga mengapresiasi langkah cemerlang yang dilakukan oleh Bupati Irdinansyah di Kabupaten Tanah Datar dengan pelayanan data kependudukan yang cepat.

Menurutnya, inovasi selalu diperlukan untuk mengatasi tantangan dan keterbatasan yang ada. Setiap daerah memiliki kondisi dan tantangan yang berbeda satu sama lain sehingga inovasi yang dihasilkan juga berbeda-beda.

“Ukuran keberhasilan dari kerjasama ini bukan pada penandatanganan Nota Kesepahaman saja, tidak hanya berhenti di atas kertas, namun yang lebih penting adalah tindak lanjutnya untuk memberikan manfaat yang sebesar-besarnya bagi masyarakat,” ujarnya.

Turut hadir pada acara tersebut,  Asisten II Ekonomi dan Pembangunan Helfy Rahmy Harun, Kepala Baperlitbang Alfian Jamra,  Kabag Hukum Jasrinaldi beserta Humas dan protokol Setda Tanah Datat. (eri)


Jangan Lewatkan