oleh



DPRD Pessel Tinjau Lokasi Tambang yang Keluar dari Titik Koordinat

PAINAN (Metrans)

Maraknya pemberitaan di beberapa media massa tentang tambang galian C, CV. Mutia Anugrah di Nagari Tigo Sepakat Inderapura Kecamatan Pancung Soal yang keluar dari titik koordinat yang diizinkan, membuat Komisi II DPRD Pesisir Selatan turun ke lokasi bersama Wali Nagari Inderapura Timur dan Camat Airpura, pada Jum'at (5/5).

Berdasarkan laporan masyarakat kepada Wali Nagari Inderapura Timur dan Wali Nagari menyurati Camat Airpura, dan diteruskan oleh Camat Airpura kepada Dinas PSDA, DLH Kabupaten Pesisir Selatan nomor 130/5/CA-2017 tgl 2 Mai 2017, dimana sebanyak 33 orang Petani Sawit dan Persawahan seluas lebih kurang 20 Hektar terancam hanyut.


Ketua Komisi II Darwiadi, SH menyampaikan di lokasi tambang tersebut bahwa kegiatan itu sudah merusak lingkungan yang sangat parah, dimana persawahan dan peladangan masyarakat sekitar sepanjang aliran kegiatan sudah banyak terdapat reruntuhan tebing lebih kurang 20 m dan amblas ke sungai.

“Ini sudah jelas merusak lingkungan masyarakat. Kalau ini dibiarkan akan bertambah parah lagi, menyangkut administrasi itu urusan provinsi kami akan segera koordinasi dengan DLH kabupaten mengingat kegiatan tambang CV. Mutia Anugrah ini tidak memikirkan dampak lingkungan, kalau memang CV. Mutia Anugrah menambang di luar titik kordinat maka kegiatan ini adalah ilegal untuk menentukan diluar atau didalam koordinat adalah Dinas ESDM,” ungkapnya

Hal senada juga disampaikan Wakil Ketua Komisi II Dani Sopian, SH yang berjanji akan mengawal surat laporan masyarakat yang masuk baik ke penegak hukum maupun ke Pemerintah Daerah dan akan segera kami tindak lanjuti sebelum persoalan ini berlarut-larut.

“Apalagi saya dari dapil daerah ini mengingat terganggunya ekonomi masyarakat ini akan jadi perhatian mengingat penghasilan masyarakat bergantung terhadap pertanian dan perkebunan. Dan terhadap persoalan ini kami dari DPRD akan mengusut tuntas terhadap tambang yang bekerja diluar izinnya,” ungkap Dani yang juga Ketua Fraksi Partai Nasdem ini.


Editor :  John Edward Rhony

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2018



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru