oleh

DIGELAR DI MTSN SALIDO

308 Siswa Ikuti Kompetisi Sains Madrasah di Pessel

PAINAN (Metrans)

Sebanyak 308 siswa mengikuti Kompetisi Sains Madrasah (KSM) tingkat Kabupaten yang digelar di sekolah Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Salido Kecamatan IV Jurai, Kabupaten Pesisir Selatan, Sumatera Barat,  Rabu (22/2)

Kepala  Kementerian Agama (Kemenag) Pesisir Selatan, Drs. Malikia mengatakan bahwa Kompetisi Sains Madrasah (KSM) merupakan wadah untuk meningkatkan mutu pendidikan  pada madrasah. Ia menilai melalui ajang tersebut  dapat membangun kemampuan bagi madrasah di Kabupaten Pessel dalam bidang Ilmu Pengetahuan.


"Dari kompetisi ini kita harapkan mampu memupuk dan memotivasi siswa madrasah untuk terus mencintai dan  mempelajari bidang ilmu pengetahuan dan teknologi yang sudah merupakan agenda tahunan  kabupaten ini," harapnya

Ia menjelaskan, KSM nantinya akan mempertandingkan beberapa mata pelajaran  sains seperti AQidah Aklhak, Alqur'an Hadist, Fiqih, Bahasa Inggris, SKI, Matematika, Biologi, Kimia dan Ilmu Pengetahuan Alam serta lainnya.

"Dan bagi siswa yang terbaik nantinya akan kita utus untuk mewakili kabupaten pesisir selatan ke tingkat Provinsi. Dan sebelum siswa kita utus ke Provinsi  akan melakukan Training Center (TC) atau pemantapan selama lima kali pertemuan terhadap siswa tersebut," terangnya.

Lanjut, dikatakanya, jauh hari sebelum Kompetisi Sains Madrasah ( KSM ) dibuka, Kantor Kementerian Agama Pesisir Selatan telah mengimbau madrasah-madrasah melalui para Guru Madrasah Ibtidaiyah dan Tsanawiyah agar menyiapkan siswanya.

"Para guru sudah kita imbau agar sering memberikan latihan dan melaksanakan tugas bimbingan terhadap siswa-siswi yang akan mengikuti kompetisi ajang KSM ini. Dengan begitu, model soal KSM menjadi modal besar pada proses pembimbingan siswa agar dapat terarah sehingga mendapat hasil yang maksimal di ajang kompetisi sains tersebut," jelasnya.(mil)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru