310 Personel Polres Bukittinggi Amankan Operasi Lilin

Bukittinggi, (Metro Andalas) - Kepolisian Resor Kota Bukittinggi, Sumatera Barat (Sumbar), mengerahkan 310 personel dalam Operasi Lilin Singgalang yang dilaksanakan mulai 23 Desember 2016 hingga 1 Januari 2017.

Kapolres Bukittinggi AKBP Arly Jembar Jumhana usai apel gelar pasukan Operasi Lilin Singgalang di Bukittinggi, Kamis, mengatakan kegiatan itu dilakukan dalam rangka menciptakan suasana kondusif terutama saat perayaan Natal dan Tahun Baru 2017.

"Sasaran pengamanan yakni di tempat-tempat ibadah, lokasi keramaian, objek wisata, masyarakat yang merayakan Natal dan Tahun Baru dan fasilitas umum lainnya termasuk peredaran barang-barang yang dapat menyebabkan gangguan ketertiban dan keamanan. Semua akan dijaga dan bekerjasama dengan banyak pihak di daerah," ujarnya.


Dalam Operasi Lilin Singgalang Polres Bukittinggi akan didukung oleh sejumlah personel lain yakni 30 personel Brimob, 49 personel Satpol PP, 30 anggota Pramuka, 10 petugas Dinas Kesehatan, 10 personel Badan Penanggulangan Bencana Daerah, 20 personel Dinas Perhubungan, 10 Orari, 20 Kodim, empat Dinas Pekerjaan Umum dan empat Pom/TNI.

Di samping itu juga dibuka tiga pos pengamanan yang akan dijaga petugas selama 24 jam berlokasi di Jam Gadang, Baso dan Padang Luar.

Sementara untuk memantau arus lalu lintas selama libur akhir tahun disediakan lima pos pelayanan di Simpang Jambu Air, Simpang Tugu Polwan, Simpang Taman Gadut, Simpang Mandiangin dan Simpang Tanjung Alam.

"Kami berharap selama libur Natal dan Tahun Baru suasana tetap kondusif sehingga masyarakat yang berkunjung juga merasa nyaman melewatkan liburan di Bukittinggi," ujarnya.

Ia mengimbau masyarakat setempat turut aktif menjaga keamanan dan ketertiban di lingkungan sekitar selama perayaan Natal dan Tahun Baru.

"Keamanan dan ketertiban itu bukan dari pihak kepolisian saja namun ada peran masyarakat untuk menciptakannya. Kami harap dengan persiapan yang telah dilakukan dapat menjaga kondisi tetap aman," katanya.

Hal yang sama disampaikan Wali Kota Bukittinggi M Ramlan Nurmatias agar warga turut memberikan kenyamanan bagi masyarakat yang berkunjung ke daerah itu.

"Silakan bagi yang ingin berlibur atau merayakan Natal di Bukittinggi. Tentu nanti akan ada peningkatan pengunjung namun yang penting bagaimana agar keamanan tetap terjaga, bila ada yang hal yang tidak sesuai harap segera laporkan pada petugas yang sudah diturunkan," ujarnya.

Terkait perayaan Tahun Baru 2017 ia mengimbau bila masyarakat ingin merayakan hendaknya diisi dengan kegiatan bermanfaat di lingkungan tempat tinggal masing-masing. (*)

 

 


Jangan Lewatkan