oleh



457 Pendekar Silat Tingkat SMP dan SMA Berlaga di UBH

PADANG (Metrans)

Universitas Bung Hatta (UBH) menyelenggarakan 1st Bung Hatta University Pencak Silat Chamionship antar pelajar SMP dan SMA Sumbar, Riau, Jambi, Bengkulu, dan DKI. Kegiatan yang berlangsung dari 22-25 Februari 2018 ini bertajuk Universitas Bung Hatta Wadah bagi Pemuda Raih prestasi dan Lestari Pencak Silat Indonesia sebagai jati diri bangsa.

Rektor UBH, Prof. Dr. Azwar Ananda,MA menyampaikan, UBH akan berkomitmen untuk terus menyelenggarakan kegiatan pencak silat, yang menjadi warisan budaya bangsa ini. Ia mengakui ini baru pertama, tapi dengan kejuaraan ini dapat menjadi penyemangat bagi generasi muda untuk terus menjaga dan melestarikan budaya bangsa.


“Nilai-nilai karakater Bung Hatta yang ditanamkan di Kampus Proklamator ini mulai dari jujur, santun, disipli dan hemat. Sudah tentu dalam kejuaraan pencak silat ini tertanam nilai-nilai dalam upaya pembinaan karakter generasi muda,” sebutnya saat membuka acara di Aula Kampus Proklamator III UBH Gunung Pangilun Padang, Kamis (22/2).

Lebih lanjut ia menambahkan, UBH saat ini memiliki program studi dan unit kegiatan mahasiswa (UKM) yang bisa menunjang pengembang softskill, termasuk bidang olahraga. Ia menyebutkan saat ini UBH sebagai perguruan tinggi swasta terbaik di Sumatera, dengan meraih peringkat ke-71 se Indonesia.

“UKM di UBH bisa menjadi wadah bagi siswa yang ingin melanjutkan pendidikannya di perguruan tinggi nantinya. Selain itu, UBH tentu akan terus menjaga mutu dan kualitas kampus serta lulusan,” tutupnya.

Ketua Harian Ikatan Pencak Silat Indonesia (IPSI) Sumbar, Rahmat Wartira sangat mengapresiasi sekali pertandingan pencak silat yang digelar UBH ini. Menurutnya kegiatan ini sangat penting untuk menguji kemampuan para pesilat, bukan hanya latihan saja.

“Pencak silat ini warisan budaya yang perlu dijaga, dilestraikan, serta diperkenalkan ke seluruh dunia. Banyaknya generasi muda yang mempelajari pencak silat mampu menjadi benteng, dan jurus yang kuat untuk mengantisipasi narkoba yang menjakiti generasi muda. Semoga kegiatan seperti ini terus berlanjut,” ujarnya.

Sementara Ketua Pelaksana, Ashabul Kahiri, S.T.,M.Kom., yang didampingi Ketua Tim Promosi UBH, Ir.Eddy Soesoli,M.Eng menyebutkan dalam pertandingan ini diikuti 457 peserta dari 30 perguruan silat dan sekolah. Dalam pertandingan ini akan memperebutkan piala rektor bergilir bagi juara umum, piala, medali, dan sertifikat.

“Selamat bertanding dan raihlah prestasi, dengan menjunjung tinggi sportifitas dan kejujuran selama bertanding, serta menjaga identitas perguruan silat masing-masing untuk menjaga budaya bangsa,” (why)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru