HALALBIHALAL MP3S PADANG

Adat dan Nagari Wajib Dijaga Perantau

Halalbihalal MP3S Padang di rumah Sekum Mardiah, Lapai Padang, Sabtu lalu

PADANG (Metrans)

Warga Padang asal Padang Panjang, Batipuh dan X Koto yang tergabung dalam MP3S bertekad untuk ikut serta menjaga keutuhan adat di nagari asal mereka. MP3S (Masyarakat Peduli Padang Panjang dan Sekitarnya) yakin keutuhan nagari sebagai wilayah kesatuan adat di kawasan sekitar Merapi dan Singgalang itu senantiasa terjaga.

“Peranan perantau untuk menjaga keutuhan dan kelestarian nagari itu tentu saja sangat besar. Selama yang dirantau berlepas tangan saja, maka yang di kampung halaman tentu tidak akan terjaga juga keutuhan bernagari,” kata Ketua Umum MP3S, Khairil Anwar dalam sambutannya pada acara halalbihalal keluarga besar MP3S Padang, Sabtu petang lalu di rumah Sekum MP3S Mardiah, di Lapai Padang.


Organisasi yang baru dideklarasikan sejak tahun 2017 ini menghimpun warga Padang yang berasa dari Kota Padang Panjang dan sebagian Kabupaten Tanah Datar (Batipuh dan X Koto)

Menurut rencana, organisasi MP3S akan dideklarasikan di semua wilayah di Indonesia, sedangkan MP3S yang sudah dideklarasikan tersebut akan menguat menjadi organisasi induknya dan pengurusnya menjadi Dewan Pimpinan Pusat MP3S. “Kita akan lakukan konsolidasi dalam waktu dekat ini,” ujar Khairil.

Sementara Ketua Harian, Dedi Cardi menyebutkan, sampai saat ini kegiatan rutin yang dilakukan untuk menjaga silaturahmi antarsesama warga MP3S di Padang adalah berolahraga pagi pada hari Minggu. “Kita berkumpul di pantai Padang setelah melakukan aktifitas olahraga pagi setiap hari Minggu. Di situ kita berkumpul untuk membicarakan program yang akan dilaksanakan,” kata Dedi.

Meski baru terbentuk, MP3S sudab berkiprah dengan melakukan beberapa kegiatan yang menyangkut kampung halaman. Menurut Dedi, ketika dilaksanakan kegiatan Jalan Sehat Flippers (JSF5) di Padang Panjang, maka MP3S juga mengirim perwakilan untuk turut berbaur dalam acara itu. “Kita juga menghimpun zakat, infak dan sadakah untuk dibagikan menjelang lebaran ke kampung halaman, walaupun jumlahnya belumlah besar,” kata Dedi.

Sementara itu pengurus lainnya, Alex Lincoln menghimbau warga Padang yang berasal dari Padang Panjang, Batipuh dan X Koto untuk ikut bergabung dalam wadah MP3S ini. Ia menyebutkan sistemnya berantai saja, setiap keluarga MP3S memberitahu keluarga yang lain lalu menyerahkan nama, alamat, nomor telepon dan kampung asalnya kepada Sekretaris atau kepada salah satu pengurus untuk dicatat sebagai anggota MP3S.

Kegiatan halalbihalal Sabtu petang yang dihadiri 60an orang anggota itu diisi dengan tausiyah oleh Ustad Ismet dan dilanjutkan dengan dialog mengenai pengembangan organisasi. Sejumlah tokoh terlihat hadir, antara lain H. Suryadi Asmi (pembina), M. Datuak Gamuak (politisi Nasdem), Anelfi Kasoema (mantan Pemimpin Umum Harian Haluan), Eri Intan, May Suryadi Asmi, Indra Rivai, Afrizal Boestami, Hans,  Heri Nofrianto (Rektor ITP), Lany Hariko dan sejumlah nama lainnya. (eko)

 

 


Jangan Lewatkan