oleh

PROYEK WTP PAYAKUMBUH YANG INOVATIF

Air Batang Agam Sudah Bisa DIminum

PAYAKUMBUH (Metrans)

Jika proyek penjernihan air Batang Agam atau Water Treatmenn Plant (WTP) selesai maka dapat diproyeksikan tekanan air yang yang masuk ke rumah-rumah pelanggan PD Air Minum Kota Payakumbuh akan jauh lebih kuat dibanding sekarang.

“Dan yang lebih penting adalah volume air bisa lebih besar lagi dari yang sekrang ini,” kata Walikota Payakumbuh Riza Falepi akhir pekan ini kepada media di Payakumbuh.


Menurut Walikota, berfungsinya  WTP Batang Agam dalam dua minggu ini, akan dirasakan manfaatnya oleh pelanggan PDAM.

Selema ini PDAM Payakumbuh memanfaatkan suplai air bersih PDAM dari sumber air di Batang Tabik Kabupaten Limapuluh Kota serta dari Kamuruncing di Payakumbuh Barat. Dan seperti sering diberitakan, acap terjadi masalah antara penguasa sumber air dengan Pemko Payakumbuh dan PDAM.

Maka, menurut Walikota Riza, keberadaan WTP Batang Agam ini adalah jawaban untuk mengurangi ketergantungan pada sumber air yang tak dikuasai Pemerintah Kota. “Selama ini Batang Agam airnya berlalu begitu saja, padahal ada teknologi yang bisa menyuling untuk mendapatkan air bersih layak minum dari sungai Batang Agam ini,” kata Walikota Riza Falepi.

 

Apalagi, menurutnya,  penyulingan Batam Agam, kualitasnya bagus dibanding pola yang sama seperti di sungai Ciliwung. Air Batang Agam dasarnya sudah bagus juga, karena dibanding daerah lain yang air sungainya coklat  atau keruh.

Yang jelas dengan banyak sumber daya air, sumber air di PDAM Kota Payakumbuh semakin banyak dan banyak alternatif sumber air. Yang jelas dengan banyak sumber air, tentu tekanan air di rumah – rumah pelanggan jadi lebih kencang .

Dengan menghasilkan air bersih, maka sekaligus Batang Agam jadi lebih bermanfaat untuk warga. Termasuk yang kini sedang ditunggu penyelesaiannya yakni proyek reklamasi Batang Agam. Kelak pada kedua bataran sungai akan ada jalan umum untuk mobil, track untuk penjalan kaki, serta dilengkapi taman, hingga warga kota bisa berwisata, dan  olahraga serta berbakat  usaha –usaha kuliner.

Sebelumnya, pengawas proyek WTP Batang Agam, Basuki mengatakan rencananya pada Februari ini seluruh pekerjaan WTP itu selesai dan siap untuk diresmikan. Pembangunan WTP Batang Agam itu dikerjakan dengan memanfaatkan bantuan pusat Rp20,5 miliar ini, Ia sangat berterimakasih kepada pekerja dan pemerintah khususnya Kementerian PUPR.(syn)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru