Bantah Pemprov Tiadakan Salat Tarawih di Masjid, Jasman: Belum Ada Kebijakan Seperti Itu

Masjid Raya Sumatera Barat. (Foto: Raihan Al Karim)

PADANG (Metrans)

Kepala Biro (Kabiro) Humas Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera barat (Sumbar), Jasman Rizal membantah bahwa Pemprov telah membuat kebijakan untuk meniadakan salat tarawih di masjid akibat wabah Covid-19 pada bulan Ramadan tahun ini.

"Belum ada kebijakan seperti itu, karena ranahnya di Majelis Ulama Indonesia (MUI)," kata Kepala Biro Humas Sekretariat Provinsi Sumbar, Jasman di Padang, Jumat.


Ia mengatakan yang ditiadakan adalah kegiatan Safari Ramadhan yang biasanya rutin digelar oleh Pemprov Sumbar setiap bulan Ramadhan dengan mengunjungi masjid di kabupaten/kota.

"Peniadaan itu mengingat situasi dan kondisi dalam wabah seperti sekarang sehingga kegiatan itu tidak mungkin dilaksanakan," kata Jasman, Jumat (3/4).

Hal itu, kata dia, memang telah sesuai dengan imbauan pemerintah dan ulama agar masyarakat menghindari keramaian dalam rangka pencegahan penyebaran Covid-19.

Jasman mengatakan informasi untuk meniadakan kegiatan Safari Ramadhan itu disampaikan Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat video conference terkait penanganan Covid-19 di Sumbar bersama Bupati/Walikota dan Instansi terkait lainnya di ruang kerja gubernur, Kamis (2/4).

Tetapi dalam kesempatan itu gubernur tidak menyebut kebijakan meniadakan solat tarawih di masjid. Ia mengatakan saat memasuki Ramadan dan situasi masih belum memungkinkan karena wabah Covid-19 bisa jadi akan ada imbauan untuk mengutamakan salat di rumah. Tetapi itu tetap akan mempertimbangkan pendapat MUI Sumbar.

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah Provinsi (Pemprov) Sumatera Barat (Sumbar) memutuskan untuk meniadakan kegiatan safari Ramadan dan salat tarawih di masjid pada bulan Ramadan tahun ini. Hal ini dilakukan sebagai salah satu mencegah penyebaran virus Corona atau Covid-19.

“Kita sudah lakukan koordinasi dengan Forkopimda dan disepakati tahun ini ditiadakan safari Ramadan dan salat tarawih di masjid, jadi tarawihnya di rumah saja," kata Gubernur Sumbar, Irwan Prayitno saat video conference terkait penanganan Covid-19 di Sumbar bersama Bupati/Walikota dan Instansi terkait lainnya di ruang kerja gubernur, Kamis (2/4).


Jangan Lewatkan