oleh



Bidik Pelaku Pembakaran Lahan di Dharmasraya, Kapolres: Siapapun Pembakarnya Ditindak Tegas!

PULAU PUNJUNG (Metrans)

Kepolisan Resort Dharmasraya membidik para pelaku pembakaran lahan dan hutan di kawasan itu yang teleh membuat sengsasra masyarakat karena menimbulkan kabut asap berkepanjangan.

Penindakan hukum secara tegas akan ditempuh dan ditujukan kepada setiap orang yang dengan sengaja melakukan pembakaran lahan.


"Siapapun orangnya, asal membakar kita akan lakukan penegakan hukum dengan tegas, "Kata Kapolres Dharmasraya AKBP Imran Amir, di Pulau Punjung, Selasa (10/9) kepada Metrans.

Menurut Imran, pembakaran lahan, tentu saja akan menimbulkan masalah baru, selain kerugian materil juga berdampak pada kerusakan lingkungan seperti kabut asap. 

"Akibat dari kabut asap itu kualiatas udara jadi buruk, dan dapat memicu terjadinya penyakit ISPA atau infeksi saluran pernafasan," ujarnya. 

Disebutkannya, bagi setiap orang  yang membakar lahan juga dikenakan Pasal 69 ayat (1) huruf h UUPPLH dipidana dengan penjara paling singkat 3 tahun maksimal 10 tahun denda Rp3 – 10 miliar.

"Kita akan proses sesuai hukum yang berlaku," tegas pria kelahiran Padang itu.

Walau demikian, dirinya tetap akan melakukan pencegahan terjadinya pembakaran bersama dengan seluruh jajarannya yang bekerjasama dengan seluruh lapisan masyarakat.

"Kita intenskan komunikasi dengan seluruh warga dan tetap menjalin kerjasama dengan seluruh elemen masyarakat," jelasnya

Sebelumnya, selama bulan Agustus 2019 telah mencapai kurang lebih 36 titik, namun pihaknya belum menerima adanya laporan pembakaran lahan yang disengaja maupun akibat kelalaian.

Dirinya berharap agar agar tokoh masyarakat dapat memberikan arahan kepada masyarakat agar untuk tidak melakukan pembakaran lahan maupun hutan, demi terciptanya lingkungan yang sehat.

"Kita mengimbau bersama tokoh masyarakat terlebih lagi pada para wali nagari, agar sama-sama menjaga dan masyarakat untuk tidak melakukan pembakaran," kata dia. (bib)


Tag:

COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru