BPJS-Kesehatan Solok Perluas Rujukan Faskes

Pimpinan BPJS-Kes Solok foto bersama dengan wartawan Solok saat Media Gathering di Kantor BPJS Kesehatan Cabang Solok, Jumat (27/10).

SOLOK (Metrans)
Peningkatan jumlah peserta di Kantor Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Kesehatan (BPJS-Kes) Cabang Solok, berimbas pada mutu pelayanan kesehatan masyarakat. Karena pertumbuhan jumlah peserta selalu diiringi dengan pertumbuhan jumlah fasilitas kesehatan yang menjalin kerja sama dengan BPJS Kesehatan. Dengan semakin banyaknya fasilitas kesehatan (Faskes) yang mau menjalin kerja sama,maka BPJS Kesehatan punya banyak pilihan untuk bekerjasama.

Kepala BPJS Kesehatan Cabang Solok, Rizka Adhiati pada acara Media Gathering di Solok, Jumat (27/10) mengatakan, BPJS Kesehatan saat ini memiliki banyak pilihan untuk bekerja sama.

"Dengan banyaknya pilihan untuk bekerjasama, kami bisa mengajak fasilitas kesehatan untuk berkomitman melakukan berbagai inovasi dan terobosan, dalam memberikan pelayanan kesehatan pada masyarakat. Sehingga kami tidak lagi direpotkan dengan keluhan masyarakat tentang buruknya pelayanan rumah sakit. Kami yakin kedepan kami tak akan lagi mendengar tentang diskriminasi pelayanan antara pasien peserta BPJS Kesehatan dengan pasien umum," ujar Rizka.


Dijelaskan Rizka Adhiati, hingga Oktober 2017 ini, pencapaian kinerja Program JKN-KIS untuk BPJS Kesehatan Cabang Solok yang mencakup Kota Solok, Kabupaten Solok, Kabupaten Solok Selatan, Kota Sawahlunto, Kabupaten Sijunjung dan Kabaupaten Dharmasraya terus mengalami peningkatan. Sampai dengan Oktober ini, jumlah peserta BPJS Kesehatan Cabang Solok mencapai 716.097 jiwa.

Pertumbuhan peserta itu, kata Rizka, juga diiringi dengan pertumbuhan fasilitas kesehatan yang bekerjasama. Saat ini kantor cabang Solok telah bermitra dengan 121 Fasilitas Kesehatan Tingkat Pertama (FKTP), yang terdiri atas 1 Puskesmas, 33 dokter praktik perorangan,13 dokter praktik gigi perorangan, 6 klinik pratama dan 8 klinik TNI/Polri. Selain itu BPJS Kesehatan Cabang Solok juga telah bekerjasama dengan 28 Fasilitas Kesehatan Rujukan Tingkat Lanjutan (FKRTL) yang terdiri atas 8 rumah sakit, 7 Apotek serta 13 optik.

Dikatakan Rizka, dalam rangka memperluas cakupan kepesertaan sehingga dapat mewujudkan Universal Health Coverage atau cakupan semesta ditahun 2019, BPJS Kesehatan Cabang Solok telah melaksanakan berbagai kegiatan, seperti BPJS Kesehatan Goes to campus di Univesitas Maha putra Muhammad Yamin (UMMY) Kota Solok, BPJS Kesehatan Ada Di Sini, yaitu dengan membuka stand pendaftaran bagi calon peserta yang berlokasi di Masjid Agung Al Mukhsinin. Disamping itu juga membuka stand pendaftaran dan pembayaran iyuran di beberapa titik diwilayah kerja BPJS Kesehatan Cabang Solok.

"BPJS Kesehatan Cabang Solok secara berjadwal membuka stand pendaftaran di berbagai titik di kota maupun kabupaten. Bukan hanya untuk mendaftar bagi peserta baru,akan tetapi peserta juga bisa melakukan pembayaran iyuran," ujar Rizka Adhiati.

Ditambahkan Rizka,dalam rangka meningkatkan mutu pelayanan serta mempercepat cakupan kepesertaan berbagai inovasi dan terobosan telah dilakukan untuk memenuhi target tersebut. Masyarakat yang sebelumnya hanya dapat melakukan pendaftaran di kantor cabang,kantor layanan operasional kabupaten/kota,website dan bank mitra yang bekerjasama dengan BPJS Kesehatan, kini pendaftaran bisa dilakukan melalui BPJS Kesehatan Care Center 1500-400.

"Kini BPJS Kesehatan juga mengembangkan pebdaftaran melalui sistem Dropbox di kantor cabang BPJS Kesehatan kantor walinagari, kantor kecamatan, pendaftaran juga bisa melalui PPOB atau mitra kerja BPJS Kesehatan atau kader JKN. Serta secara online," katanya. (rzl)


Jangan Lewatkan