oleh



Bupati Mentawai Ajak Kepala Desa Memahami Aturan Dalam Mengelola Dana Desa

23-05-2018

 

MENTAWAI, (Metrans) - Bupati Kepulauan Mentawai, Yudas Sabaggalet mengajak para kepala desa di daerahnya memahami aturan dalam pengelolaan dana desa.


Ajakan itu disampaikan Bupati Mentawai Yudas Sabaggalet melalui staf ahli Bupati Bidang Pemerintahan, Umum dan Politik, Nikolaus Sorot Ogok pada acara Rapat Kerja Daerah (Rakerda) dengan Aparatur Desa se-Kabupaten Kepulauan Mentawai di Tuapejat, Kamis (24/5/2018).

''Kepala desa harus mampu memahami tugas fungsi dan mematuhi aturan sebagai rel dalam menyelenggarakan pemerintahan, terutama sekali aturan dalam pengelolaan alokasi dana desa,'' kata Nikolaus Sorot Ogok.

Lebih lanjut dikatakan, aparatur desa sebagai pelayan masyarakat, harus mampu melakukan koordinasi dalam berbagai kegiatan, guna memperlancar penyelenggaraan pemerintahan. ''Itulah pentingnya koordinasi, kepala Desa harus sering koordinasi ke dinas- dinas, terutama terkait dengan administrasi masyarakat, data kependudukan, ini harus bekerja sama dengan Badan Permusyawaratan Desa (BPD), harus menguasai wilayah kerja dan keberadaan masyarakatnya,'' ujarnya.

Syamsudin, Kepala Bidang Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DPMP2-KB) Mentawai mengatakan, kegiatan Rakerda bersama aparatur desa dimaksudkan untuk menciptakan kebersamaan dalam pelaksanaan program atau kegiatan pedesaan yang dilakukan antara pemerintah kabupaten, kecamatan dan pemerintah desa.

''Denga kegiatan ini diharapkan akan ada kebersmaan dalam program, dan juga meningkatkan pola kinerja didalam penyelenggaraan, pembinaan pemerintah desa terutama dalam pengelolaan keuangan desa,'' kata Syamsudin.

Hadir dalam Rakerda yang digelar di gedung Graha Viona Tuapejat tersebut antara lain Kabag Hukum Setdakab Mentawai, Sery Eli BW, Sekretaris Inspektorat Motisokhi Hura, Camat, serta peserta Rakerda lainnya. (can)


COPYRIGHT © METRO ANDALAS 2019



Komentar

Tinggalkan Balasan

Berita Terbaru