Bupati Solok Gusmal Buka Diklat Kepemimpinan Tingkat IV Angkatan IV

Bupati Solok Gusmal salami peserta Diklat kepemimpinan tingkat IV angkatan IV

PADANG (Metrans)

Bupati Solok Gusmal membuka secara resmi pelaksanakan diklat kepemimpinan tingkat IV angkatan IV tahun 2017 dimulai pada tanggal 10 April 2017 s/d tanggal 5 Agustus 2017 di Badan Diklat Provinsi Sumatera Barat dengan metode on class off class, Senin (10/4).

Tahapan pembelajaran selama on class meliputi tahap diagnosa Kebutuhan perubahan organisasi, tahap membangun komitmen bersama, tahap merancang perubahan dan membangun tim, tahap laboratorium kemepimpinan, dan tahap evaluasi.


Diklat kepemimpinan tingkat IV Diikuti oleh 30 Orang peserta yang terdiri dari 24 peserta dari OPD dan 6 peserta dari pejabat Kecamatan.

Tujuan Diklat kepemimpinan tingkat IV itu untuk membentuk kompetensi kepemimpinan operasional pada Pejabat struktural eselon IV yang akan berperan dan melaksanakan tugas dan fungsi kepemerintahan di instansi masing-masing.

Sementara itu, Kepala BPSDM Sumbar Rosman Effendy mengatakan, sistem Diklat yang baru ini dikenal dengan diklat pola baru, dimana selama pelatihan peserta tetap menduduki jabatanya, namun saat on campus, akan digantikan oleh plt yang bersangkutan.

Selain itu, dikatakan Rosman, pelatihan kepemimpinan ini akan menghasilkan calon pimpinan yang ideal sesuai kebutuhan instansinya.

"Pola pelatihan baru ini membentuk kreatifitas dan inovasi setiap peserta dalam melakukan pengembangan pelayanan yang dibutuhkan artinya,” tidak akan adalagi copy paste dalam tugas akhirnya,” tuturnya.

Bupati Solok Gusmal, berharap semua peserta bisa memahami bahan ajaran yang akan disampaikan hingga menghasilkan individu yang competen serta inovatif agar sisitem pelayanan kita bisa berubah ke arah yang lebih baik.

"Perlu kita catat, pimpinan tingkat IV adalah garda terdepan dalam penyelenggaraan pembangunan di daerah," tambahnya.

Membangun sebuah system merupakan inti dari pelatihan saudara yang kalian ikuti. Selain itu, dikatakan Gusmal, system yang baik dengan manajemen kepemimpinan yang baik pula.


Jangan Lewatkan