MUBES GEBU MINANG

Calon Ketua: OSO, Is Anwar dan Firdaus

JAKARTA (Metrans)

Masyarakat minang sangat berharap banyak terhadap Musyawarah Besar Gerakan Ekonomi dan Budaya Minang (Mubes Gebu Minang) yang akan digelar di Hotel Pangeran Beach, Padang pada 23 – 25 Desember ini.

Mubes Gebu Minang ini menurut rencana akan dibuka Wakil Ketua MPR RI, Osman Sapta Odang ini, diharapkan mampu melahirkan ketua yang memiliki semangat untuk membangun kampung halaman, dan berkiprah di tingkat nasional maupun internasional.


Osman Sapta Odang (OSO) disebut-sebut akan menjadi calon Ketua dengan dua rival, Is Anwar Dt. Rajo Perak dan Firdaus HB.

Seperti diungkapkan Ketua Gebu Minang Wilayah Nusa Tenggara Timur (NTT) H. Sutan Yusri Tanjung yang dihubungi Metrans via ponsel tadi malam, sangat berharap sekali Gebu Minang dapat melahirkan “Bung Hatta-Bung Hatta” baru.

“Selain itu, kita berharap organisasi ini bisa fokus kepada masalah bagaimana meningkatkan ekonomi kerakyatan, sehingga keberadaan Gebu Minang benar-benar dapat dirasakannya oleh masyarakat minangkabau,” ujar mantan anggota DPRD Kota Kupang ini.

Sementara ketika ditanya tentang siapa kira-kira yang pantas menurutnya yang akan memimpin Gebu Minang ke depan, St. Yusri tidak menyebutkan nama, kecuali menyatakan bahwa sudah saatnya Gebu Minang dipimpin oleh orang muda yang kreatif dan penuh inovasi.

“Sudah saatnya Gebu Minang dipimpin oleh orang muda yang kreatif dan penuh inovasi,” katanya.

Sementara Badan Koordinasi Kemasyarakatan dan Kebudayaan Alam Minangkabau (BK3AM) bersama Bakor-Bakornya, mendukung pencalonan mantan Ketua Umum BK3AM tiga periode, H.Is Anwar, SH Dt. Rajo Perak, untuk menjadi Ketua Umum Gebu Minang Pusat.

"Insya Allah, kami sudah sepakat untuk mendukung beliau sebagai calon ketua umum. Akan kami perjuangkan di Mubes besok (hari ini-red)," kata Ketua Umum BK3AM, DR. Zulfahmi Burhan Dt. Rajo Bagagar, di Jakarta, kemarin.

Is Anwar sendiri yang dikonformasi soal kesiapannya, membenarkan bahwa dirinya sudah siap bila diberi amanah memimpin Gebu Minang.

"Saya tidak punya ambisi, tapi kalau diberi amanah, saya siap memimpin Gebu Minang lima tahun kedepan. Ini sebagai kecintaan dan pengabdian saya buat ranah minang," katanya.

Ia bertekad akan menjadikan Gebu Minang menjadi organisasi yang tangguh, kuat dan tidak dipandang sebelah mata. "Menggairahkan Gebu Minang kembali memerlukan sebuah seni untuk merangkul. Orang Minang banyak yang kaya kaya dan merupakan potensi untuk bersama mengembangkan Gebu Minang," kata Datuk Rajo Perak ini.

Sementara Ketua DPRD Sumbar Hendra Irwan Rahim yang dihubungi Metrans, juga menyampaikan harapan yang sama. Dia berharap, keberadaan Gebu Minang sebagai organisasi wadah para perantau Minang dapat terus memberikan kontribusi positif terhadap pembangunan daerah.

“Sumatera Barat sangat membutuhkan sumbang pikir dan sumbang saran para perantau dalam memacu pembangunan di daerah ini,” ujar Irwan.

Dia berharap, Mubes dapat berjalan lancar dan kepengurusan yang baru Gebu Minang nantinya dapat bersinergi dengan pemerintah daerah dalam rangka mendorong terwujudnya tujuan pembangunan daerah untuk kesejahteraan masyarakat di kampung halaman. (al/jer)


Jangan Lewatkan